Sambangi RSHS, Menkes Ingin Pastikan Ketersediaan Ruangan Isolasi Covid-19

- 30 Desember 2020, 19:06 WIB
Tangkap layar Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin/YouTube/Sekretariat Presiden
Tangkap layar Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin/YouTube/Sekretariat Presiden /

PRFMNEWS – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengunjungi Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) guna memastikan ketersediaan ruangan bagi pasien Covid-19, Rabu 30 Desember 2020.

Menurutnya, selain ketersediaan ruangan, pihaknya juga ingin mengetahui kondisi tenaga perawat termasuk para dokter. Hasilnya, ia mendapati tempat tidur pasien dan jumlah tenaga kesehatan yang masih jauh dari cukup jika kasus positif di Indonesia melonjak tajam.

“Selain tempat tidur dan fasilitas, yang sering dibutuhkan itu tenaga perawat dan dokternya. Saya dengar di beberapa rumah sakit, saya cek satu perawat itu untuk 6 atau 7 di tempat tidur isolasi. Tapi kalau dia masuk ICU itu 1 banding 1 perawat. Otomatis harus perawat yang ahli. Karena kompleksitasnya lebih tinggi. Itu yang masih kurang,” ungkap dia saat ditemui wartawan di RSHS, Rabu 30 Desember 2020.

Baca Juga: Nakes di Amerika Positif Covid-19 Setelah Disuntik Vaksin

Baca Juga: Selama 2020, Dispangtan Kota Bandung Fokus Pada Ketahanan Pangan dari Rumah Warga

Untuk itu, ia menyebut para tenaga kesehatan perlu dijaga kondisinya. Pesan itu yang ia tegaskan pada setiap rumah sakit di Indonesia khususnya RSHS.

 

“Karenanya saya bicara dengan dirjen, bagaimana caranya kita bisa mensupport perawat yang cukup. Itu lah makanya harus dijaga benar-benar,” tegasnya.

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x