Hari ini Tino Sidin, Guru Sekaligus Seniman Indonesia yang Diabadikan Menjadi Doodle oleh Google

- 25 November 2020, 18:42 WIB
Google Doodle
Google Doodle /Google

PRFMNEWS - Selain peringatan berdirinya Persatuan Guru Nasional Indonesia atau Hari Guru Nasional yang jatuh pada hari ini 25 November, pada Google Doodle hari ini ada yang berbeda. Ya, Google Doodle hari ini yaitu Tino Sidin.

Tino Sidin merupakan seorang seniman sekaligus guru di Indonesia. Tino Sidin lahir di Tebing Tinggi, Sumatera Utara pada tanggal 25 November 1925.

Melalui bakat melukisnya itu Tino Sidin kerap kali membagikan ilmunya kepada anak – anak. Hal itu dilakukan oleh Tino Sidin sejak tahun 1945.

Baca Juga: Bunga Terbesar di Dunia Ternyata Salah Satunya Asal Indonesia

Sedangkan pada tahun 1960 Tino Sidin melakukan sebuah perjalanan untuk menghadiri Akademi Seni Indonesia perintis yang sekarang bernama Insitut Seni Indonesia pada salah satu pusat budaya di Yogyakarta.

Pada tahun 1969 awal karir melukis dari Tino Sidin ditampilkan pada layar televisi. Dalam sebuah program acara yaitu “ Gemar Menggambar” yang ditayangkan di Yogyakarta pada stasiun lokal TVRI. 10 tahun kemudian, program acara “ Gemar Menggambar “ disiarkan secara Nasional oleh TVRI.

Setiap pekannya di hari Minggu sore, Tino Sidin memperkenalkan teknik menggambar dengan cara yang menyenangkan kepada anak-anak. Tino Sidin mendorong anak–anak untuk tidak perlu takut dalam melakukan kesalahan dalam melukis.

Baca Juga: BTS Menang Dua Penghargaan di American Music Awards 2020

Sebagai bentuk support kepada anak–anak, Tino Sidin selalu memberikan kata semangat yaitu “ Ya, bagus “. Dan lontaran tersebut menjadi ciri khas dari Tino Sidin.

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x