Dukcapil: Jika Ada Kekurangan Blangko Bisa Hubungi Dewan Hingga Pusat

- 26 Februari 2020, 14:06 WIB
Warga melakukan perekaman data kependudukan di Cafe Geulis, Gedung DPRD Kota Bandung
Warga melakukan perekaman data kependudukan di Cafe Geulis, Gedung DPRD Kota Bandung /HUMAS PEMKOT BANDUNG

BANDUNG, (PRFM) - Sekreraris Direktoran Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil), I Gede Sukarta mengatakan pada bulan ini kebutuhan blangko E-KTP di awal tahun ini sudah tercukupi. Menurut Gede, jika masih terjadi kekurangan terkait dengan blangko E-KTP bisa langsung menghubungi dewan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) bahkan ke pusat melalui Dirjen Dukcapil.

"Di dunia ini gada yg tetap semua berubah. Dulu kurang sekarang cukup, Mei Desember kemaren memamg kurang, sekarang cukup. Jika ada kekurangan silakan lapor ke dewan boleh langsung ke pusat boleh ke Disduk boleh," ungkap Gede saat ditemui di DPRD Kota Bandung, Rabu (26/2/2020).

Baca Juga: DPRD Kota Bandung Sambut Baik Adanya Cafe Geulis di Gedung Dewan

Selain itu, Ia pun mengapresiasi kolaborasi antara dewan, kedinasan dan pusat. Menurutnya, kerjasama tiga instansi ini harus terus disosialisasikan menyeluruh.

Warga beramai-ramai mendatangi gerai Cafe Geulis di Gedung DPRD Kota Bandung
Warga beramai-ramai mendatangi gerai Cafe Geulis di Gedung DPRD Kota Bandung TOMMY RIYADI/PRFM

"Kolaborasi antara dewan dan dinaa dukcapil dengan pusat itu baru kita temukan di tempat ini. Di tempat lain dah banyak tapi ini tiga serangkai yg memamg didesain segala rupa jadi saling dukung, ini wujudnya di DPRD Kota Bandung. Ini hal baik harus kita sosialisasikan, tiru di tempat lain yg wujud akhirnya adalah bagaimana masyarakat terbahagiakan dalam pelayanan publik," kata dia.

Baca Juga: Pemkot Luncurkan Cafe Geulis, Disdukcapil Sudah Penuhi Amanat Perda

Di samping itu, Gede menegaskan menipisnya blangko e-KTP di bulan Agustus tahun lalu itu dikarenakan adanya pemekaran dan perubahan nama jalan baik kecamatan, RT atau RW.

"Seluruh Indonesia dah cukup tapi nanti kalau perubahan nama jalan kecamatan RT RW pemekaran, kalau itu semua dipenuhi nanti akan menipis di Agustus September," paparnya.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah