5 Tips Mencegah Kabel Charger Agar Tidak Mudah Rusak

- 5 November 2020, 16:11 WIB
Masukkan kembali kabel charger-an.*
Masukkan kembali kabel charger-an.* //Tech Viral

 

PRFMNEWS - Kabel charger atau kabel USB menjadi salah satu barang kecil namun sangat dibutuhkan di zaman sekarang ini. Pasalnya, komponen elektronik tersebut sangat diperlukan saat hendak mengisi daya ponsel pintar baik dengan power bank ataupun charger.

Berbicara kabel charger, salah satu permasalahan yang paling umum adalah kabel kusut sulit terurai bahkan hingga menyebabkan rusak atau putus.

Seperti dikutip dari laman Dignited, berikut ini 5 tips bagi Anda yang untuk mencegah kabel charger agar tidak mudah rusak:

Lepaskan Kabel dengan Hati-hati
Salah satu penyebab paling umum kerusakan kabel adalah pelepasan yang tidak benar dari komputer dan adaptor daya.

Baca Juga: Mudah dan Bisa Lewat HP, Begini Cara Cek Data Penerima Bansos dari Kemensos

Jangan menarik kabel secara kadar dan menariknya di tengah-tengah. Tarik kabel charger dengan hati-hati di ujung yang terhubung ke perangkat.

Hindari Kebiasaan Menekuk dan Melipat Kabel
Terlalu sering menekuk dan melipat kabel charger, secara tak sadar telah memperpendek umur kabel dan membuat kabel cepat putus.

Menekuk dan melipat kabel secara berlebihan dapat memutus internal kabel, sehingga membuat kabel menjadi tidak berfungsi.

Gunakan "Pelindung Kabel"
Pelindung kabel menjadi aksesoris yang dapat mencegah kerusakan kabel charger dengan melindunginya pada titik yang rentan, yaitu titik di mana kabel bergabung dengan steker.

Pelindung kabel biasanya terbuat dari karet dan bahan fleksibel lainnya yang mampu menahan tekanan.

Coba Lindungi dengan Pegas
Cobalah untuk memasang pegas di salah satu atau kedua ujung kabel charger. Gulungan pegas di sekitar kabel dpat mebuat kabel terlindung dari kerusakan / keausan setiap kali Anda melipat atau menekuknya.

Baca Juga: Pendaftar yang Berhak Terima BLT UMKM Rp2,4 Juta Akan Mendapatkan SMS dari Bank Penyalur

Anda bisa menggunakan pegas dari pena atau pegas lain yang sesuai dengan lebar kabel charger.

Hindari Menggunakan Perangkat Selama pengisian
Ada sejumlah dampak negatif penggunaan smartphone saat mengisi daya, diantarnya kerusakan kabel charger akibat puntiran, tekukan, tarikan, dan guncangan yang konstan. Selain memutus kabel, penarikan kabel yang berlebihan selama pengisian daya juga dapat mengganggu aliran daya dan merusak konektor.***(Dhea Amellia/JOB)

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: Dignited


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x