Perut Buncit Bisa Jadi Gejala Hati Tidak Sehat, ini 7 Tanda Lain Liver Bermasalah, Kata dr. Saddam Ismail

- 12 September 2022, 13:30 WIB
dr. Saddam Ismail ungkap tanda penyakit liver.
dr. Saddam Ismail ungkap tanda penyakit liver. /Youtube Saddam Ismail

PRFMNEWS – Healthy vlogger dokter Saddam Ismail mengungkap gejala hati atau liver pada tubuh seseorang yang sedang tidak sehat, termasuk perut buncit, ambeien, dan penyakit kuning.

Ada delapan gejala hati sedang bermasalah atau mengalami gangguan yang dijelaskan dr. Saddam Ismail. Kondisi liver tidak sehat bisa memicu munculnya keluhan pada kulit, perut, mata dan lainnya.

Menurut dr. Saddam Ismail, gejala-gejala ini muncul akibat fungsi liver berjalan tidak maksimal. Sehingga menghambat metabolisme makanan dan proses pembuangan zat-zat beracun dalam tubuh.

Baca Juga: Buruan Nyetok di Rumah, 5 Buah Segar ini Mampu Membantu Mengecilkan Perut Buncit

Berikut ini delapan gejala atau tanda jika hati sedang tidak sehat yang wajib diwaspadai dan diobati sejak dini, diungkap dr. Saddam Ismail melalui video di kanal YouTube pribadinya.

1. Penyakit kuning

Orang yang mengalami gangguan fungsi hati bisa menyebabkan kulit dan selaput mata berubah menjadi lebih kuning. Dokter Saddam Ismail mengatakan, kondisi ini diakibatkan kadar bilirubin yang meningkat dalam darah.

“Ketika bilirubin meningkat dalam darah ini bisa menandakan ada peradangan atau penyumbatan empedu ataupun masalah di hati atau liver,” ucapnya.

2. Nyeri perut atas

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x