Makanan Pahit Bisa Bantu Turunkan Kadar Gula Darah? Ternyata Begini Efeknya Kata dr. Cahyo

- 3 September 2022, 17:30 WIB
Ilustrasi makanan pahit untuk mengatasi kadar gula darah tinggi.
Ilustrasi makanan pahit untuk mengatasi kadar gula darah tinggi. /Unsplash/Lothar Bodingbaue/

 

PRFMNEWS - Tidak sedikit penderita diabetes yang mempercayai bahwa jenis makanan yang memiliki rasa pahit dapat mengatasi menurunkan kadar gula dalam darah.

Ini dikarenakan rasa pahit yang ditimbulkan oleh jenis makanan tersebut dipercaya dapat membantu untuk menurunkan gula darah.

Namun benarkah hal tersebut? Apakah jenis makanan pahit dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes?

Baca Juga: Anggaran Mengalami Pembengkakan, Pemerintah Lakukan Pengalihan Subsidi BBM

Dokter Cahyo menyebutkan bahwa ada beberapa hal yang harus dipahami sebelum mengambil kesimpulan jenis makanan pahit dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Menurutnya seseorang yang menderita diabetes dikarenakan jumlah insulin yang diproduksi oleh pankreas menurun karena kerusakan pada pankreas.

Selain kerusakan pankreas, diabetes juga bisa disebabkan karena adanya kerusakan pada reseptor insulin yang ada pada permukaan sel tubuh.

Baca Juga: Ada Perbaikan Jembatan Cisangkuy, Ini Rekayasa Arus Lalu Lintas untuk Angkutan Umum Trayek Banjaran - Soreang

Target pengobatan diabetes sendiri menurut dokter Cahyo adalah meningkatkan insulin pada pankreas, atau memberi insulin dari luar tubuh.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x