Kecemasan Berlebih Ternyata Juga Bisa Meningkatkan Kadar Gula Darah Penderita Diabetes

- 29 Juli 2022, 10:00 WIB
Ilustrasi cemas.
Ilustrasi cemas. /Pixabay/PDPics/

PRFMNEWS - dr. Cahyo Purnomo menjelaskan tentang dampak kecemasan berlebih terhadap naiknya kadar gula darah penderita diabetes.

Bagi penderita diabetes yang sering mengalami kecemasan berlebih, baiknya mulai sekarang perlu berhati-hati.

Meningkatnya kadar gula darah pada penderita diabetes tidak hanya disebabkan oleh faktor makanan saja, tetapi kecemasan atau ketakutan berlebih yang terjadi secara terus-menerus setiap hari juga turut menjadi penyebab naiknya kadar gula darah.

Kecemasan berlebih merupakan kondisi kesehatan mental yang sering dijumpai saat ini tanpa memandang usia, di mana kesehatan mental yang kurang baik dapat mempengaruhi kesehatan tubuh, salah satunya kadar gula darah penderita diabetes.

Baca Juga: Cemas Berlebih atau Anxiety Bisa Diatasi dengan Doa dan Dzikir ini, kata Ustadz Adi Hidayat

Berikut alasan kenapa kecemasan berlebih dapat menaikkan kadar gula darah:

1. Meningkatnya Produksi Hormon Kortisol

Kecemasan berlebih ternyata dapat meningkatkan produksi dari hormon kortisol, yang apabila hormon kortisol di dalam tubuh ini jumlahnya meningkat, maka dapat menyebabkan terjadinya risiko resistensi insulin.

Apabila resistensi insulin penderita diabetes meningkat, tentunya akan menyebabkan kerja dari hormon insulin jadi menurun, efeknya yaitu dapat menyebabkan kadar gula darah penderita diabetes jadi meningkat..

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: YouTube dr. Cahyo EDUKES


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x