Unpad Berencana Bikin Diskusi Terbuka untuk Meneliti Hari Lahir Persib

- 14 September 2023, 15:17 WIB
Ilustrasi logo Persib Bandung
Ilustrasi logo Persib Bandung /

PRFMNEWS - Niat sejarawan Universitas Padjadjaran (Unpad) melakukan riset dan penelitian untuk menjawab keraguan terkait hari lahir Persib Bandung pada 14 Maret 1933, bakal segera direalisasikan. Sebab, seperti gayung bersambut, Persib Bandung pun merespon positif niat sejarawan Unpad tersebut.

Respon dan dukungan Persib Bandung terhadap rencana riset dan penelitian tersebut disampaikan Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran (FIB Unpad), Prof. Dr. Kunto Sofianto, Ph.D, Selasa 12 September 2023.

"Kita sudah bertemu dengan Persib Bandung untuk membicarakan rencana riset dan penelitian hari jadi dan sejarah ini. Bukan hanya sekedar dukungan, Persib Bandung meminta tim peneliti kami untuk melakukan riset dan penelitian secara konprehensif," kata Prof Kunto.

Baca Juga: Harga Beras Naik, Pemkot Bandung Siap Gelar Operasi Pasar Murah 19 September-10 Oktober 2023

Prof. Kunto mengungkapkan, untuk kepentingan riset dan penelitian, Unpad sudah membentuk tim peneliti yang diketuainya. Anggota tim lainnya yang terdiri dari Dr. Miftahul Falah M.Hum, Budi Gustaman, M.A, Iqbal Reza Satria, S.H., M.I.P. dan Muhammad Ridha Taufiq Rahman, S.IP., MA.

Sebagai langkah awal, dalam waktu dekat Unpad akan mengadakan Focus Group Discussion (FGD) atau diskusi terpumpun tentang sejarah dan hari jadi PERSIB ini. Dalam FGD ini, tim peneliti akan menyampaikan data awal dan menampung berbagai masukan terkait banyak hal yang menyangkut sejarah dan hari lahir Persib Bandung dan berbagai pihak yang kompeten dan berkepentingan.

"Pokoknya, semua bahan dan masukan akan kita tampung dalam FGD tersebut. Sebab, data dan fakta tersebut akan sangat membantu penelitian yang akan kami lakukan," kata Prof. Kunto.

Baca Juga: Erick Thohir Pamer Keunggulan Kereta Cepat Jakarta Bandung Pakai Teknologi Terbaru dari China

Sebelumnya, Prof. Kunto mengaku sudah cukup lama memiliki niat untuk menjawab keresahan publik, terutama jurnalis, pegiat literasi dan beberapa komunitas bobotoh, yang mempertanyakan dasar penetapan hari lahir Persib Bandung pada 14 Maret 1933.

Hal ini tidak terlepas dari temuan seorang pegiat literasi, Atep Kurnia, yang mengungkapkan bahwa fusi dua perkumpulan sepakbola Bandung, yaitu PSIB dan NVB yang selama ini menjadi cerita di balik penetapan hari Persib Bandung, berdasarkan bukti otentik berupa kliping pemberitaan koran di zamannya, terjadi pada tanggal 18 Maret 1934.***

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x