PKL Puncak Bogor Pindah ke Rest Area Gunung Mas Mulai 24 Juni 2024, Pengunjung Gratis Biaya Parkir

Tayang: 21 Juni 2024, 06:30 WIB
Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Rifki Abdul Fahmi
PKL Puncak Cisarua harus pindah ke Rest Area Gunung Mas mulai 24 Juni.
PKL Puncak Cisarua harus pindah ke Rest Area Gunung Mas mulai 24 Juni. /dok. Diskominfo Kabupaten Bogor/

PRFMNEWS – Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu mengatakan, proses relokasi atau pindahan para pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Puncak Bogor ke lokasi baru di Rest Area Gunung Mas, Kawasan Wisata Puncak, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, akan dilakukan mulai tanggal 24 Juni 2024.

Langkah menggratiskan biaya parkir di Rest Area Gunung Mas, kata Bupati Asmawa, akan diterapkan sebagai salah satu cara agar tempat relokasi para PKL kawasan Puncak Bogor itu tidak sepi sehingga diharapkan jumlah kunjungan wisatawan semakin ramai.

"Sekarang ada portal parkir berbayar, tapi kita ingin gratiskan saja, buka, biar semua bisa masuk ke sana," ujar dia.

Ia menilai sistem parkir berbayar yang diterapkan sejak Rest Area Gunung Mas beroperasi pada medio 2023 menjadi salah satu penyebab hingga kini area relokasi PKL Puncak Bogor sepi pengunjung, sehingga para pedagang pun enggan melanjutkan berjualan di sana.

Baca Juga: Kalahkan Puncak Bogor, Daerah Terdingin di Jawa Barat Ada di Bandung! Suhunya Setara di Swiss

Selain menerapkan kebijakan biaya parkir gratis, lanjut Asmawa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor juga akan menggratiskan retribusi bagi para PKL selama beberapa bulan.

Untuk mewujudkan kebijakan biaya parkir gratis dan bebas bayar retribusi bagi para PKL Puncak Bogor ini, Asmawa telah menginstruksikan hal tersebut kepada badan usaha milik daerah (BUMD) PT Sayaga Wisata sebagai pengelola Rest Area Gunung Mas.

"Mungkin untuk tiga bulan pertama retribusinya tidak perlu ditarik, kecuali untuk sewa listrik dan air, itu kan digunakan oleh masing-masing ya, mangga udunan lah," ungkapnya.

Di samping itu, ia juga mengusulkan akses Wisata Agro Gunung Mas terintegrasi dengan rest area, sehingga wisatawan yang masuk ke tempat wisata secara otomatis melewati para pedagang di rest area tersebut.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub