Ini Berbagai Upaya Polisi Antisipasi Kemacetan di Kawasan Limbangan Garut di Musim Mudik Lebaran 2024

- 3 April 2024, 13:30 WIB
Sejumlah kendaraan antre panjang karena terhambat lajunya oleh delman yang berada di depan Jalan Limbangan atau jalur utama Bandung-Tasikmalaya, Kabupaten Garut.
Sejumlah kendaraan antre panjang karena terhambat lajunya oleh delman yang berada di depan Jalan Limbangan atau jalur utama Bandung-Tasikmalaya, Kabupaten Garut. /ANTARA

PRFMNEWS – Polres Garut melakukan sejumlah strategi untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas di kawasan Limbangan, Kabupaten Garut, Jawa Barat (Jabar), pada masa arus mudik dan arus balik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Berbagai upaya dilakukan polisi di ruas jalan nasional kawasan Limbangan yang diprediksi menjadi titik lokasi rawan macet pada masa arus mudik dan balik Lebaran 2024 di wilayah Garut. Hal ini diungkap Kasatlantas Polres Garut Iptu Aang Andi Suhandi.

Aang menuturkan jalan nasional di kawasan Limbangan dan Malangbong diprediksi menjadi titik rawan kemacetan pada masa mudik dan balik Lebaran 2024 berdasarkan hasil pengecekan dan pemetaan jalur yang dilakukan jajarannya bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Garut.

Baca Juga: KAI DAOP 2 Adakan Lelang Tiket dan Sepatu di Dalam KA Papandayan Bandung-Garut, Hasil Penjualan Disumbangkan

Atas dasar itulah, pihaknya sudah menerapkan upaya pertama untuk mengantisipasi kemacetan dengan menyiapkan dan menempatkan sejumlah rambu-rambu dan sarana lainnya untuk rekayasa lalu lintas di depan Pasar Limbangan.

"Penempatan sarana prasarana tersebut diletakkan dalam rekayasa lalu lintas persiapan Operasi Ketupat Lodaya 2024, tujuannya yakni demi menciptakan ketertiban dan kelancaran arus lalu lintas," kata dia, Selasa 2 April 2024.

Upaya lainnya untuk mencegah terjadinya kemacetan di jalur nasional itu, lanjut Aang, yakni larangan beroperasi untuk delman di wilayah Limbangan dan Malangbong.

"Sesuai kesepakatan, andong-andong yang berada di Limbangan hingga Malangbong akan berhenti beroperasi," sebutnya.

Baca Juga: Menhub Soroti Upaya Penanganan Balon Udara hingga Pasar Tumpah Jelang Mudik Lebaran 2024

Selanjutnya menyiapkan sejumlah pos yakni satu Pos Pengamanan Terpadu di Limbangan, kemudian Pos Pengamanan Kadungora, Pos Pelayanan di Terminal Guntur Tipe A, selanjutnya 10 pos pelayanan di tempat wisata.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x