Kapolda Jabar Minta Perusahaan Otobus Gunakan Kendaraan Laik Jalan dan Larang Pakai Sopir Tembak

- 1 April 2024, 13:00 WIB
Ilustrasi pemeriksaan bus pariwisata.
Ilustrasi pemeriksaan bus pariwisata. /BUDI SATRIA/PRFMNEWS

BANDUNG, PRFMNEWS - Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus meminta Perusahaan Otobus (PO) wisata menyiapkan kendaraan yang laik jalan saat pelaksanaan mudik Idul Fitri 1445 Hijriah.

Selain itu, PO bus juga dilarang menggunakan sopir tembak atau yang tak memiliki surat izin mengemudi (SIM) yang sesuai.

Hal ini merupakan bagian dari upaya untuk memastikan keselamatan para penumpang, dan menekan angka kecelakaan saat momen mudik lebaran.

"Kami beri atensi khusus pada pengusaha bus wisata, agar armadanya baik dan laik. Sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang tak diinginkan," kata Akhmad mengutip dari ANTARA.

Baca Juga: Dishub Kota Bandung Mulai Lakukan Ramp Check di Pool Bus Pariwisata dan Bus Umum

"Faktor kualitas pengemudi juga harus dicek. Jangan sampai menggunakan sopir tembak yang tidak memiliki kapasitas, hingga akhirnya memberikan implikasi terjadinya kecelakaan," sambungnya.

Akhmad menekankan bahwa pihaknya berkomitmen bisa menekan tingkat kecelakaan pada mudik 2024 ini.

Karenanya operasi ketupat lodaya yang bersinergi dengan pemangku kepentingan lainnya baik unsur TNI, pemerintah daerah, berbagai elemen masyarakat diharapkan berhasil menciptakan situasi nyaman dan kondusif saat mudik 2024.

"Operasi Ketupat Lodaya 2024 ini hanya akan berhasil kalau ada sinergi kolaborasi, dan koordinasi secara intens antara seluruh pemangku kepentingan," ucapnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x