Diterjang Angin Puting Beliung, 157 Rumah di Ciamis Rusak

- 29 Februari 2024, 05:30 WIB
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis masih berjibaku membantu dan mengevakuasi masyarakat yang terdampak hujan disertai angin puting beliung, Selasa, 27 Februari 2024.
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis masih berjibaku membantu dan mengevakuasi masyarakat yang terdampak hujan disertai angin puting beliung, Selasa, 27 Februari 2024. /kabar-priangan.com/DOK/

PRFMNEWS - Sebanyak 157 unit rumah di Kabupaten Ciamis mengalami kerusakan usai diterjang bencana angin puting beliung, Senin 26 Februari 2024.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis melaprokan, 157 rumah yang rusak akibat diterjang angin puting beliung itu tersebar di lima kecamatan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ciamis, Memet Hikmat menyatakan, semua pemilik rumah yang rusak akibat angin puting beliung sudah mendapatkan penanganan perbaikan dan bantuan logistik.

"Dari 157 rumah yang tertimpa pohon dan membutuhkan penanganan sebanyak 26 rumah selesai ditangani," ujarnya seperti dilansir prfmnews.id dari ANTARA.

Dituturkan Memet, angin puting beliung menerjang lima kecamatan yakni Kecamatan Purwadadi, Rancah, Ciamis, Sadananya, dan Cikoneng di Kabupaten Ciamis yang merusak bangunan rumah warga dan pohon tumbang.

Petugas dari BPBD Ciamis setelah mendapatkan informasi adanya bencana alam tersebut langsung melakukan pengecekan dan menanggulangi warga yang terdampak bencana tersebut.

Tim BPBD Ciamis di lapangan kemudian melakukan penanganan menyingkirkan pohon tumbang yang menimpa pemukiman rumah warga.

Rumah warga lainnya yang tercatat sebanyak 131 rumah, kata Memet, tidak dilakukan penanganan perbaikan karena kondisinya tidak parah, hanya beberapa genting dan asbes yang lepas.

"Sebanyak 131 rumah tidak dilakukan penanganan, karena terdampak yaitu genting dan atau asbes yang terbawa angin berjumlah antara satu sampai dengan 15 lembar, tidak tertimpa pohon," ucap Memet.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x