Mulai Maret 2024, Bus BTS Beroperasi di Kota Bekasi Layani Rute ini

- 5 Februari 2024, 08:00 WIB
Ilustrasi bus.
Ilustrasi bus. /Pixabay/autokaremcom

PRFMNEWS – Layanan transportasi umum bus yang beroperasi melalui mekanisme program subsidi buy the service (BTS) akan hadir di Kota Bekasi, Jawa Barat, mulai awal Maret 2024.

Kepastian bus BTS akan beroperasi di Kota Bekasi mulai Maret 2024 disampaikan Direktur Angkutan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Tatan Rustandi.

Tantan menyatakan penandatanganan nota kesepakatan awal untuk pengoperasian bus BTS dengan koridor rute awal yang telah disepakati dilakukan antara Wali Kota Bekasi dengan Plt Kepala BPTJ pada 4 September 2023 lalu.

Kemudian sebagai tindak lanjut dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Direktur Angkutan BPTJ Tatan Rustandi dan Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Zeno Bachtiar disaksikan oleh Sekretaris BPTJ Marta Hardisarwono di Kantor BPTJ, Jakarta, Kamis 1 Februari 2024.

“Kemenhub melalui BPTJ menindaklanjuti penyelenggaraan pengoperasian angkutan umum perkotaan dengan skema pembelian layanan (buy the service/BTS) di Kota Bekasi pada awal Maret 2024,” kata Tantan, Kamis 1 Februari 2024.

"Penandatanganan perjanjian kerja sama ini merupakan implementasi serta legal basic dari pelaksanaan BTS. Ini merupakan salah satu program andalan BPTJ dalam rangka memodernisasi peradaban transportasi di Bodetabek yang saat ini sudah berjalan di Kota Bogor," imbuhnya.

Terkait rute, Tantan menyebutkan, berdasarkan join survey yang dilakukan sebelumnya telah ditetapkan satu koridor bus BTS dari BPTJ, yaitu melayani rute Summarecon Bekasi – Vida.

"Sebagai prioritas pada tahap awal ini diputuskan untuk koridor pertama mengikuti jalur Vida – Summarecon yang rencananya akan mulai beroperasi pada awal Maret tahun ini. Setelahnya secara bertahap nanti diminta tambah lagi koridornya," ungkap dia.

BPTJ mengharapkan dengan hadirnya layanan BTS di Kota Bekasi, masyarakat bisa merasakan modernisasi peradaban transportasi serta dapat merata di kota-kota lainnya di Bodetabek sehingga akan semakin banyak masyarakat yang beralih dari kendaraan pribadi menggunakan transportasi umum.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x