2 Tahun Gratis, Bus BTS Segera Hadir Layani Warga Depok untuk Rute ini

- 16 Januari 2024, 11:20 WIB
Tugu Welcome to Kota Depok/ Rublik Depok/ Pikiran Rakyat Jabar/ Iswahyudi
Tugu Welcome to Kota Depok/ Rublik Depok/ Pikiran Rakyat Jabar/ Iswahyudi /

DEPOK, PRFMNEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Perhubungan (Dishub) dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) bekerja sama menghadirkan layanan transportasi umum bus. Ada lima rute bus yang akan dibangun dengan rute pertama melayani trayek Terminal Margonda – Stasiun lRT Harjamukti.

Kerja sama antara Pemkot Depok dengan BPTJ ini tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) mengenai layanan bus bersubsidi dengan Skema Pembelian Layanan atau Buy The Service (BTS) yang ditandatangani Wali Kota Depok Mohammad Idris dan Plt. Kepala BPTJ Suharto, Jumat 12 Januari 2024 lalu.

Bus BTS ini layaknya Teman Bus yang kini sudah beroperasi di berbagai kota di Indonesia, seperti Trans Metro Pasundan di Bandung. Wali Kota Depok mengatakan, kerja sama dengan BPTJ ini sebagai bentuk perhatian pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kepada Pemkot Depok.

Baca Juga: Tegas! Pj Bupati Bandung Barat Larang Bus dan Truk Melintas di Jalan Sersan Bajuri

“Perhatian bantuan dari pusat, Kementerian Perhubungan dalam hal ini BPTJ yang memfasilitasi, sebab dengan ini nanti masyarakat akan lebih nyaman menggunakan transportasi publik,” kata Idris dalam keterangan resminya, dikutip prfmnews.id pada Selasa, 16 Januari 2024.

Idris optimistis dengan beroperasinya bus BTS ini, masyarakat Kota Depok akan semakin termotivasi menggunakan transportasi umum tersebut. Untuk itu pihaknya pun telah mengusulkan 5 koridor untuk operasional bus BTS ini.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa dioperasikan untuk terminal angkutan kota yang ada di Margonda untuk tujuan Stasiun Jatijajar, yang dulu namanya Stasiun Cibubur sekarang namanya Stasiun LRT Harjamukti,” tutur dia.

Idris menambahkan, bus BTS ini akan melayani warga tanpa biaya alias gratis selama dua tahun dan nantinya direncanakan terintegrasi dengan layanan transportasi publik lain di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Baca Juga: Daftar Transportasi Umum Teman Bus Sudah Terkoneksi Bandara di 4 Kota, Ini Tarif, Rute dan Jadwalnya

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x