Debat Capres, Pengamat Mode Bahas Pesan di Balik Baju ‘Top Gun’ Ganjar, Anies Tanpa Peci, Kemeja Biru Prabowo

- 8 Januari 2024, 16:00 WIB
Debat capres ketiga Pemilu 2024, yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Minggu, 7 Januari 2024
Debat capres ketiga Pemilu 2024, yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Minggu, 7 Januari 2024 /ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra /

PRFMNEWS – Pengamat mode sekaligus perancang busana dari Indonesian Fashion Chamber (IFC) Lisa Fitria mengungkap pesan tersembunyi di balik pakaian yang dikenakan Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo dalam debat calon presiden (capres) pada Minggu, 7 Januari 2024 malam di Istora Senayan, Jakarta.

Lisa Fitria menjelaskan makna dan maksud busana ala film “Top Gun” yang dipakai Capres Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo saat debat ketiga Pilpres 2024 pada Minggu malam, kemudian Capres Nomor Urut 1 Anies Baswedan tampil tanpa peci, dan konsistensi Capres Nomor Urut 2 Prabowo Subianto yang tetap mengenakan kemeja warna biru langit.

Menurut Lisa, fashion merupakan salah satu sarana bagi politikus termasuk dalam hal ini para capres baik Anies, Prabowo, maupun Ganjar guna mengomunikasikan pesan kepada masyarakat dari langkah politiknya, dalam hal ini yang ingin mereka sampaikan dalam momen debat ketiga Pilpres 2024.

Baca Juga: Prabowo: Saya Sangat Transparan dan Semua Semua Partai Pengusung Bapak Profesor Anies Dukung Program Saya

Pertama, Lisa merasa tertarik untuk membahas sisi fesyen dari sosok capres yang paling sering menampilkan mode unik dari debat ke debat, yaitu Ganjar Pranowo.

Pada debat ketiga, tampilan Ganjar Pranowo dan cawapresnya Mahfud MD, kental dipengaruhi oleh gaya berbusana Tom Cruise dalam film aksinya "Top Gun" dengan latar kisah para tentara yang bekerja di Stasiun Udara untuk Angkatan Laut AS.

Tampilan militer diperkuat dari Bomber Hijau Tua dengan beragam patch (stiker bordir) sebagai aksen. Meski demikian aksen tersebut justru bagi Lisa menjadi pembawa pesan yang penting dari seorang Ganjar.

Patch-patch itu bertuliskan pesan utama serta program-program yang ingin diusung pasangan nomor urut tiga terkait dengan tema yang dibawakan mulai dari kata-kata "Sat-Set", "Tas-Tes", "Geopolitik Progresif", "Kuliah Gratis Anak Prajurit dan Bhayangkara", hingga "Modernisasi Pertahanan Sakti".

Baca Juga: Ungkap Maksud Makan Bareng Prabowo, Airlangga, Zulhas, Jokowi: Bertemu Mereka Hari Libur Kan

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x