Dinding Terowongan Tol Cisumdawu Dikabarkan Retak Akibat Gempa Sumedang, Arus Lalin Kendaraan Tak Terganggu

- 1 Januari 2024, 12:09 WIB
Terowongan Tol Cisumdawu dikabarkan retak akibat Gempa Sumedang/
Terowongan Tol Cisumdawu dikabarkan retak akibat Gempa Sumedang/ /

PRFMNEWS - Gempa bumi sebanyak tiga kali di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat (Jabar), dikabarkan menyebabkan keretakan di dinding terowongan kembar (twin tunnel) Tol Cisumdawu. Gempa tersebut terjadi pada Minggu, 31 Desember 2023 kemarin.

Meski dinding terowongan kembar Tol Cisumdawu dikabarkan retak akibat guncangan gempa, kendaraan yang melintasi jalan bebas hambatan tersebut tidak terganggu dan dinyatakan masih aman untuk dilewati.

"Gempa bumi yang M 4.8 (ketiga) menyebabkan adanya sedikit keretakan di dinding Terowongan Kembar Tol Cisumdawu. Pihak pengelola melakukan asesmen dan tindakan lainnya yang dianggap perlu. Namun atas keretakan itu, dipastikan sementara tidak mengganggu lalu lintas dan kondisi masih aman terkendali," ucap Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Senin 1 Januari 2024.

Baca Juga: Sadis! Suami Mutilasi Istri di Kota Malang, Potongan Tubuh Korban Disimpan Dalam Ember

Dampak gempa lainnya, ungkap Abdul, turut menyebabkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kecamatan Sumedang Selatan mengalami kerusakan ringan di bagian langit-langit dan keretakan pada dinding.

 Nampak dinding terowongan kembar atau Twin Tunnel Tol Cisumdawu di Kabupaten Sumedang Jawa Barat yang mengalami retak-retak akibat gempa Sumedang yang terjadi Minggu 31 Desember 2023.
Nampak dinding terowongan kembar atau Twin Tunnel Tol Cisumdawu di Kabupaten Sumedang Jawa Barat yang mengalami retak-retak akibat gempa Sumedang yang terjadi Minggu 31 Desember 2023. TikTok @All About Bandung

Pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang telah meminta agar seluruh pasien dan petugas RSUD keluar sementara dari gedung sebagai antisipasi hingga keadaan dapat dipastikan aman.

“BPBD Sumedang juga telah melakukan kaji cepat situasi dan mendata dampak kerusakan di lapangan, dengan laporan visual yang sementara didapatkan terjadi kerusakan ringan hingga sedang di beberapa rumah dan sekolah khususnya di daerah Babakan Hurip, Sumedang,” jelas dia.

Baca Juga: PVMBG: Gempa Sumedang Diperkirakan Akibat Sesar Cileunyi-Tanjungsari

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x