Kemenhub dan Pj Gubernur Jabar Sebut Akan Ada Penambahan Rute Penerbangan di Bandara Kertajati

- 11 Oktober 2023, 11:00 WIB
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau kesiapan fasilitas di Bandara Kertajati Selasa, 10 Oktober 2023. Kertajati akan aktif layani penerbangan pindahan dari Bandara Husein Bandung mulai 29 Oktober 2023.
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau kesiapan fasilitas di Bandara Kertajati Selasa, 10 Oktober 2023. Kertajati akan aktif layani penerbangan pindahan dari Bandara Husein Bandung mulai 29 Oktober 2023. /Humas Jabar/

PRFMNEWS – Sejumlah maskapai siap memindahkan rute penerbangan domestik (dalam negeri) pesawat jet dari Bandara Internasional Husein Sastranegara, Kota Bandung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka mulai 29 Oktober 2023.

Pj Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin dan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Maria Kristi Endah Murni merincikan rute penerbangan yang akan dilayani Bandara Kertajati mulai 29 Oktober 2023.

Selain itu, Bey Machmudin dan Maria juga menyebutkan peluang adanya penambahan rute penerbangan yang akan dilayani di Bandara Kertajati Majalengka di luar rute yang awalnya dilalayani di Bandara Husein Sastranegara Bandung.

Baca Juga: Pesawat Peserta Piala Dunia U-17 Diusulkan Mendarat di Bandara Kertajati

Rute penerbangan yang akan dialihkan dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati mulai 29 Oktober 2023, kata Bey, yaitu rute domestik (dalam negeri) dari dan ke Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Denpasar, Makassar, Medan, dan Palembang.

"Jadi itu (rute) sementara, ke depannya tentu akan bertambah lagi," ucap Bey usai meninjau langsung kesiapan operasional Bandara Kertajati, Selasa 10 Oktober 2023.

Selain penerbangan domestik, lanjut Bey, Bandara Kertajati juga siap melayani rute penerbangan internasional yaitu menuju Kuala Lumpur, Malaysia dan sebaliknya.

Bandara milik Pemerintah Provinsi Jabar tersebut juga telah resmi menjadi embarkasi haji untuk jemaah Jabar kecuali wilayah Bodebek (Bogor, Depok, Bekasi).

"Untuk embarkasi haji Jabar juga di sini untuk di luar daerah Bodebek," tutur Bey.

Baca Juga: Waktu Tempuh Bandung-Bandara Kertajati Naik Damri Lebih Singkat Daripada ke Soetta, Segini Tarifnya

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x