Soal Pendaftaran UMKM Tahap 2, Dinas KUK Jabar Tunggu Pertemuan dengan Menteri

- 4 September 2020, 16:48 WIB
Poster program bantuan modal usaha UMKM Kota Bandung.*
Poster program bantuan modal usaha UMKM Kota Bandung.* /Instagram Dinas KUKM Kota Bandung



PRFMNEWS
– Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat (KUK Jabar), Kusmana Hartadji mengungkapkan adanya kemungkinan pendaftaran tahap 2 terkait bantuan terhadap pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebesar Rp2,4 juta.

Menurut Kusmana, adanya kemungkinan pendaftaran tahap 2 dikarenakan hingga Agustus 2020 kemarin, baru sebanyak 9,1 juta pelaku UMKM yang telah mendaftar dan sedang proses validasi.

Sementara, target pemerintah pusat terkait bantuan bantuan uang tersebut ialah sebanyak 12 juta pelaku UMKM.

Baca Juga: Oded Sebut Rencana Penerapan Jam Malam Akan Dibahas Terlebih Dahulu Bersama Kapolrestabes Bandung

"Tahap pertama sampai Agustus kemarin baru 4,1 juta UMKM, September ini 9,1 juta," bebernya saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Jumat 4 September 2020.

Kendati demikian, Kusmana menyatakan pendaftaran tahap 2 bantuan UMKM baru akan dibahas saat seluruh pimpinan dinas terkait menggelar pertemuan dengan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki.

“Sesuai arahan Menteri Koperasi dan UKM, masih ada perkembangan. Tinggal kota/kabupaten yang mengusulkan. Karena target pemerintah pusat yakni 12 juta pelaku UMKM mendapat bantuan, rencanannya sampai bulan Oktober,” ucapnya.

Baca Juga: Dandim 0624 Minta Warga Kabupaten Bandung Sambut Pilkada dengan Riang Gembira

Sementara itu hingga 4 September 2020, sebanyak 1.003.443 dari target 2 juta pelaku UMKM di Jabar sudah terdaftar untuk mendapatkan bantuan. Usulan tersebut, kata Kusmana, dia sudah disampaikan ke Pemerintah Pusat dan saat ini tengah dilakukan verifikasi.

Setelah verifikasi selesai, nantinya bakal ada Surat Keputusan (SK) penetapan yang memuat data pelaku UMKM yang bakal menerima bantuan. Menurut Kusmana, SK penetapan ini akan dilakukan secara bertahap.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x