Pemprov Jabar Dukung Program Sekolah Pencetak Wirausaha untuk Bangun Generasi Muda Berjiwa Wirausaha

- 7 September 2023, 09:44 WIB
Kerja sama Program Sekolah Pencetak Wirausaha dengan Marketplace Shopee.
Kerja sama Program Sekolah Pencetak Wirausaha dengan Marketplace Shopee. /

PRFMNEWS - Program Sekolah Pencetak Wirausaha (SPW) salah satu upaya menumbuhkan minat kewirausahaan di kalangan siswa SMK dengan harapan dapat menciptakan wirausaha muda. Program tersebut diciptakan oleh Kemendikbud yang diimplementasikan dalam berbagai bentuk pembelajaran.

Dilansir dari Kemdikbud, program SPW merupakan model pembelajaran yang mendorong siswa untuk memiliki keterampilan melalui praktik usaha. Siswa didorong melakukan praktik wirausaha berbasis daring/online karena dipandang relatif murah dan mudah untuk pemula. Khususnya bagi siswa generasi Z, sejalan dengan upaya menghadapi era industri 4.0. Target yang ditetapkan adalah omzet per semester.

Selaras dengan salah satu misi Gubernur Jawa Barat yakni mengenai wirausaha muda, Pemerintah Pemprov Jawa Barat dalam upaya mendukung program tersebut melalui Dinas Pendidikan Jawa Barat dengan melibatkan 29.620 siswa dan 13 KCD dalam proses penyelenggaraan program SPW sebagai bentuk dorongan lulusan menjadi seorang pengusaha. Pada tahun 2022, siswa SPW mengalami peningkatan sebanyak 5.540 siswa.

Baca Juga: Sigesit Juara, Tingkatkan Efektivitas Pemetaan Guru dan Tenaga Kependidikan Jabar di Era Transformasi Digital

Tahapan pelaksanaan program SPW diawali dengan mengadakan pelatihan wirausaha untuk guru KWU, melakukan rekognisi untuk lulusan SMK, menyelenggarakan lomba wirausaha yang melibatkan siswa dan guru, serta konversi omset kedalam nilai pendidikan.

Metaverse menjadi salah satu keunggulan yang ditonjolkan dalam program Sekolah pencetak wirausaha. Bagi sekolah yang sudah memiliki metaverse, Sekolah memasarkan produk yang dijual melalui metaverse yang telah dibuat oleh siswa. Sekolah yang sudah memiliki metaverse di antaranya : SMKN 9 Bandung, SMKN 13 Bandung dan SMKS Al-Wafa Kab.Bandung Barat.

Adapun upaya yang dilakukan untuk memperkenalkan program SPW yaitu melalui sosialisasi, pelatihan, kerjasama dengan salah satu marketplace, hingga menyelenggarakan lomba guru untuk menyiapkan inovasi yang diikuti siswa. Selain itu, melakukan kerja sama dengan Perguruan Tinggi yang mendorong siswa untuk melanjutkan studi namun tetap melanjutkan berwirausaha diantaranya Universitas Padjadjaran, Politeknik Piksi Ganesha, dan Politeknik Eletronika Negeri Surabaya (Pens).

Baca Juga: Ridwan Kamil Blak-blakan Ungkap 5 Hal Usai Pelantikan Pj Gubernur Jabar di Jakarta

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x