KPA Pastikan Beri Pendampingan 17 Anak dengan HIV di Sumedang

- 30 Juli 2023, 07:19 WIB
Ilustrasi anak dengan HIV
Ilustrasi anak dengan HIV /pexels.com/annashvets/

PRFMNEWS - Ada sebanyak 17 anak di Kabupaten Sumedang yang saat ini terkena HIV. Paling besar berumur 16 tahun dan paling kecil 1 tahun.

Kepala Sekretariat Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Sumedang, Retno Ernawati menyebutkan, dari 17 anak dengan HIV itu, 11 orang adalah anak perempuan dan enam laki-laki.

Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Sumedang melalui kader KPA di lapangan memastikan terus melakukan pendampingan terhadap anak dengan HIV.

Baca Juga: Benarkah Cium Hajar Aswad Bisa Tertular HIV/AIDS? Ini Penjelasannya!

Dalam melindungi anak anak dengan HIV ini, pihaknya selain memberikan pendampingan juga dipastikan ke 17 anak ini mendapatkan akses layanan kesehatan termasuk obat.

"Mereka seperti pada umumnya anak, bersekolah dan juga bermain dg teman temannya, dan kami dari KPA teris memantaunya, sehingga bila terjadi sesuatu mudah menanganinya," kata Retno dikutip dari laman resmi Pemkab Sumedang.

Bagi ibu hamil yang terinfeksi virus HIV diharapkan terus berkonsultasi dengan tenaga kesehatan dan harus melahirkan di fasilitas kesehatan yang memenuhi persyaratan.

Baca Juga: Kasus Penularan HIV dari Ibu ke Anak di Kota Bandung Masih Tinggi, Pemkot Siapkan Strategi Pencegahan

Dalam upaya mencegah bertambahnya kasus HIV/AIDS, KPA Sumedang sendiri tak segan segan turun ke lapangan untuk memberikan pahaman dam mengedukasi masyarakat terutama untuk kelompok yang berisiko.***

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x