Subang Utara jadi Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru di Jawa Barat

- 28 Juni 2023, 18:00 WIB
Kabupaten Subang Utara disetujui jadi calon daerah otonomi baru.
Kabupaten Subang Utara disetujui jadi calon daerah otonomi baru. /Humas Jabar

PRFMNEWS - Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan DPRD Jawa Barat sama-sama setuju menjadikan Kabupaten Subang Utara sebagai calon daerah persiapan otonomi baru.

Selanjutnya, Pemprov Jabar dan DPRD Jabar akan mengusulkan persiapan otonomi baru Kabupaten Subang Utara ke Pemerintah Pusat.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menjelaskan, tokoh-tokoh dari forum koordinasi pemekaran Pantura Subang juga setuju dengan usulan tersebut.

Baca Juga: Sholat Idul Adha 2023 di Masjid Istiqlal? Catat Daftar Pintu Masuk, Aturan hingga Jam Pelaksanaannya

Ridwan Kamil melanjutkan, calon daerah persiapan otonomi baru Kabupaten Subang Utara merupakan tindaklanjut atas aspirasi masyarakat terkait pemekeran daerah otonom baru di kawasan Utara Jabar.

"Ini adalah aspirasi yang diwujudkan oleh kerja semua pihak, mulai level desa, forum komunikasi Kabupaten Subang, Pemda Provinsi Jabar, juga anggota DPR RI, yang tentunya memperjuangkan sebuah keadilan kewilayahan," ujarnya dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Jabar, Kota Bandung, Selasa 27 Juni 2023.

Baca Juga: Di Tangerang, Guru Culik Siswa SMP Berkebutuhan Khusus, Dijanjikan Uang oleh Pelaku Utama

Dikatakan Ridwan Kamil, hingga tahun 2023 ini Pemprov Jabar telah mengusulkan sembilan CDPOB ke Pemerintah Pusat, yaitu Tasikmalaya Selatan, Cianjur Selatan, Garut Utara, Sukabumi Utara, Garut Selatan, Bogor Barat, Bogor Timur, Indramayu Barat. Paling terbaru Kabupaten Subang Utara.

"Total sudah sembilan daerah persiapan otonomi baru ini. Jadi mudah-mudahan di Pemerintah Pusat apakah masih di era Presiden Jokowi ataupun nanti di era pemerintahan yang baru keadilan pemekaran wilayah yang sekarang masih dalam moratorium bisa dicabut dan kita bisa merasakan kesejahteraan (masyarakat) Jawa Barat yang meningkat," bebernya.***

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x