Ridwan Kamil Resmikan Masjid di Gaza Hasil Rancangannya, Dibangun dari Urunan Bersama Masyarakat Indonesia

- 19 November 2022, 10:07 WIB
Potret desain bangunan Masjid Gaza, Palestina yang bernama Masjid Syekh Ajlin.
Potret desain bangunan Masjid Gaza, Palestina yang bernama Masjid Syekh Ajlin. //Instagram.com/@ridwankamil/

 


PRFMNEWS – Masjid Syekh Ajlin, Gaza, Palestina yang sempat hancur oleh serangan Israel kini telah berdiri kokoh dan dapat kembali digunakan untuk beribadah meski ada beberapa bagian yang masih perlu disempurnakan.

Masjid Syekh Ajlin, Gaza ini dibangun kembali dengan total dana Rp20 miliar berasal dari hasil urunan masyarakat Indonesia yang dibantu atas peran Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil.

Proses soft opening Masjid Syekh Ajlin ini juga dilakukan langsung oleh Ridwan Kamil secara virtual dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis 17 November 2022 sekira pukul 14.00 WIB atau 10.00 pagi waktu Gaza.

Ridwan Kamil pula lah yang menjadi sosok arsitek di balik keindahan rancangan bangunan Masjid Syekh Ajlin di Gaza, Palestina ini.

"Masjid Syekh Ajlin Gaza Palestina resmi dibuka. Selamat kepada masyarakat Gaza sudah bisa menggunakan masjid ini untuk ibadah kembali setelah delapan tahun hancur rata dengan tanah akibat peperangan," kata Ridwan Kamil.
 
Kang Emil merinci biaya pembangunan Masjid Syekh Ajlin ini mencapai Rp20 miliar dengan dana yang terkumpul sebesar Rp19,7 miliar.

Ia menuturkan, dana urunan tersebut berasal dari 70.000 lebih donatur, baik individu maupun lembaga di Indonesia.

Tercatat sumbangan terkecil mulai Rp1.000 hingga yang terbesar Rp3,4 miliar, terhimpun melalui KitaBisa akun Ridwan Kamil yang kemudian dikelola oleh Yayasan Aman Palestin.

"Alhamdulillah atas izin dan pertolongan Allah SWT pembangunan Masjid Syekh Ajlin yang merupakan hasil urunan bersama masyarakat Indonesia pada akhirnya segera terealisasikan meski menghadapi berbagai rintangan dan hambatan," tuturnya.

Kang Emil pun merasa bersyukur sekaligus terhormat diberi kesempatan langsung merancang masjid yang dikenal sering melahirkan ahli Al-Qur'an dan Hadis itu.

"Saya sangat bersyukur sekaligus terhormat diberi kesempatan secara langsung merancang masjid ini," ucapnya.

Gubernur berkomitmen untuk terus mengajak masyarakat Indonesia gotong royong menyempurnakan Masjid Syekh Ajlin. Dan berencana akan hadir secara langsung pada peresmiannya yang direncanakan pada awal tahun 2023 mendatang.

"Saya mohon doa dari masyarakat Gaza agar diberi kesehatan dan kemudahan untuk dapat berangkat ke Gaza Palestina secara langsung dalam peresmian masjid ini di awal tahun depan," ujarnya.*

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah