Keluarga yang Ditinggalkan Pencari Nafkah Utama Karena Karantina Virus Corona Bisa Dibantu Yayasan Graisena Selama 14 Hari

- 18 Maret 2020, 10:12 WIB
ILUSTRASI. Simulasi penanganan virus corona di RSHS Bandung.*
ILUSTRASI. Simulasi penanganan virus corona di RSHS Bandung.* /DOK RSHS BANDUNG/

BANDUNG, (PRFM) – Yayasan Gerakan Indonesia Sadar Bencana (Graisena) membuka bantuan donasi selama 14 hari bagi siapapun yang ditinggalkan tulang punggung keluarga atau pencari nafkah utama untuk melangsungkan proses karantina virus corona (COVID-19). Itikad baik tersebut dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan dan keberlangsungan hidup keluarga yang ditinggalkan.

Ketua Yayasan Graisena, Agung Firmansyah mengatakan, pihaknya telah membuka kesempatan ini sejak dua hari lalu dan akan ditutup sampai pandemik corona ini mereda. Ia menegaskan, bahwa siapa saja yang memohon untuk dijamin kerahasiaannya termasuk data diri pemohon.

“Kami rasa banyak warga yang baik dalam pengawasan maupun positif corona yang mereka merupakan tulang punggung keluarga. Barangkali berangkat dari keluarga yang tidak mampu, untuk yang demikian itu kami menawarkan bantuan untuk memenuhi kebutuhan dasar untuk warga yang ditinggalkan pada masa isolasi,” ujarnya saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Rabu (18/3/2020).

Baca Juga: Beberapa Mall di Kota Bandung Dilaporkan Sepi, Begini Kondisinya

Agung menjelaskan, bagi warga dapat menghubungi salah satu pendiri Yayasan Graisena yakni Rangga Ragata melalui messenger. Nantinya, pemohon dapat menyertakan surat keterangan dari rumah sakit bahwa keluarganya sedang dilakukan observasi virus corona.

“Bisa melalui chat melalui messenger ke salah satu pengurus yang kami tunjuk dengan melampirkan surat keterangan dari rumah sakit bahwa yang bersangkutan betul-betul sedang dalam pengawasan atau positif corona,” kata Agung.

Baca Juga: Pandemic Corona, Pesta Pernikahan Juga Ikut Tertunda

Terkait dengan jumlah besaran, Yayasan Graisena akan memberikan bantuan sebesar 20 ribu rupiah per kepala dalam anggota keluarga. Sehingga, jika satu keluarga ada ayah ibu dan tiga anak sementara anaknya dikarantina maka Yayasan Graisena akan membantunya selama 14 hari.

“Untuk skemanya sendiri bantuan yang kami berikan itu sejumlah 20 ribu rupiah per kepala anggota keluarga yang ada di satu keluarga. Selama 14 hari. Jadi misalnya satu keluarga itu ada ayah, ibu dan tiga anak. Kemudian ayahnya dikarantina, maka 4 tanggungan ini kami bantu,” tandasnya.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x