Gaza Gelap Gulita, Israel Putus Aliran Listrik di Gaza dan Rumah Sakit Berhenti Beroperasi

- 12 Oktober 2023, 09:00 WIB
Asap dan api mengepul di wilayah pemukiman di Jalur Gaza setelah Israel melawan serangan Hamas pada Sabtu, 7 Oktober 2023.
Asap dan api mengepul di wilayah pemukiman di Jalur Gaza setelah Israel melawan serangan Hamas pada Sabtu, 7 Oktober 2023. /Reuters/Ashraf Amra/

PRFMNEWS - Satu-satunya pembangkit listrik di Gaza akan kehabisan bahan bakar dalam waktu 10 hingga 12 jam ke depan. Hal itu dikemukakan Ketua Otoritas Energi Palestina, Thafer Melhem kepada radio Voice of Palestine pada hari Rabu, 11 Oktober 2023.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant hari Senin, 9 Oktober 2023, telah memerintahkan "pengepungan total" di Gaza, dengan mengatakan pihak berwenang akan memutus aliran listrik dan memblokir masuknya makanan dan bahan bakar.

“Kami kini memberlakukan pengepungan total di Gaza. Tidak akan ada listrik, makanan, air, bahan bakar. Semua akan ditutup.”

Baca Juga: Komisi IX DPR RI Minta Pemerintah Layangkan Protes Atas Serangan Israel ke RS Indonesia di Gaza

Thafer Melhem mengatakan kepada radio Voice of Palestine pada Rabu, 11 Oktober 2023, bahwa pembangkit listrik tersebut akan ditutup pada sore hari di Gaza. Jalur Gaza adalah rumah bagi 2,3 juta orang.

“Hal ini akan membuat Jalur Gaza menjadi gelap gulita dan tidak mungkin untuk terus menyediakan semua layanan dasar kehidupan, yang semuanya bergantung pada listrik. Tidak mungkin mengoperasikan sebagian dengan generator karena pasokan bahan bakar dari Gerbang Rafah tak bisa masuk,” kata sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh otoritas Gaza pada hari Rabu. “Situasi bencana ini menciptakan krisis kemanusiaan bagi seluruh penduduk Jalur Gaza,” katanya.

Pernyataan tersebut menyebut pembalasan Israel sebagai kejahatan paling kotor berupa hukuman kolektif terhadap warga sipil yang tidak berdaya dalam sejarah modern. Mereka menyerukan komunitas internasional untuk bergerak cepat menghentikan kejahatan terhadap kemanusiaan dan pembunuhan massal ini.

Baca Juga: Zulkifli Hasan Kecam Serangan Israel terhadap Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Al Jazeera


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah