Waspada! Ternyata Penggunaan Minyak Jelantah Bisa Berpotensi Haram, Begini Alasannya  

- 11 Mei 2022, 17:00 WIB
Ilustrasi minyak jelantah
Ilustrasi minyak jelantah /Yusuf/

 

PRFMNEWS – Waspada! Ternyata penggunaan minyak jelantah bisa berpotensi haram, simak penjelasannya.

Diantara kita mungkin masih banyak yang menggunakan minyak jelantah untuk keperluan sehari-hari.

Seperti dilansir dari Instagram @lppom_mui, bahwa minyak jelantah dapat menjadi penyerapan radikal bebas yang akan ikut terserap ke dalam makanan yang digoreng.

Selain itu, ternyata penggunaan minyak jelantah dapat beresiko terhadap kesehatan, seperti beresiko menimbulkan penyakit kanker, pengendapan lemak pada pembuluh darah, dan mengurangi kecerdasan.

Baca Juga: Sebaiknya Berapa Kali Bekam dalam Sebulan? Simak Penjelasan dr. Zaidul Akbar Berikut Ini

Bahkan jika terlalu berlebihan mengkonsumsi makanan yang diolah dengan minyak jelantah, bisa menyebabkan kelebihan berat badan yang dapat menyebabkan berbagai komplikasi serius seperti diabetes dan penyakit jantung.

Masyarakat diminta untuk mencermati kehalalan dari minyak jelantah.

“Saat ini memang telah banyak minyak goreng yang bersertifikat halal, tetapi jika minyak goreng tersebut digunakan untuk menggoreng makanan yang tidak halal, maka minyak jelantahnya menjadi haram. Risiko mengonsumsi minyak jelantah yang tidak halal menjadi lebih tinggi ketika masyarakat membeli gorengan dari para penjaga makanan yang belum bersertifikat halal,” (Prof. Dr. Ir. Sedarnawati Yasni M. Agr – Guru Besar IPB University, serta auditor senior LPPOM MUI).

Halaman:

Editor: Rizky Perdana

Sumber: Instagram @lppom_mui


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x