Waspada Modus Penipuan Berkedok Mitra Bisnis Aplikasi Online

- 23 Agustus 2020, 07:16 WIB
Ilustrasi Olshop.**
Ilustrasi Olshop.** /dok.PRFM


PRFMNEWS - Salah seorang warga Kota Bandung, Kang Sudrajat melaporkan kepada redaksi PRFM, jika dirinya menjadi korban penipuan dengan modus mitra bisnis Go-Food.

Awalnya Sudrajat mengaku sudah mengajukan menjadi mitra bisnis ke pihak aplikator. Tak berselang lama, ada seseorang yang mengaku dari pihak aplikator meminta dirinya mengirimkan foto buku tabungan dan ATM.

"Setelah saya beri, dia (pelaku-red) telepon lagi. Katanya harus log ini ke E-Commerce, lalu masukin nomor atm untuk top up rekening," kata dia saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Sabtu 22 Agustus 2020 malam.

Baca Juga: Petugas Damkar Jakarta Selatan Lakukan Pendinginan di Lokasi Kebakaran Gedung Kejaksaan Agung

Kemudian si penelepon tersebut meminta Kang Sudrajat mengirimkan kode One Time Password (OTP). Ia mengaku percaya saja karena awalnya dirinya mengajukan menjadi mitra bisnis Go-Food.

"Saya diminta OTP, dia bilang itu jadi rekening penampung. Saya percaya, ternyata setelah dikirim saya kedebit Rp1 juta," tuturnya.

Terduga pelaku ini lanjut Kang Sudrajat diketahui menggunakan nomor ponsel pribadi saat menghubunginya. Bahkan ia pun menyuruh Kang Sudrajat mendownload aplikasi Go-Biz.

Baca Juga: Jadwal TV Minggu 23 Agustus 2020 : FTV Preman Pensiun, Kartun Doraemon Hingga Suara Hati Istri

"Yang bikin saya percaya dia nyuruh download aplikasi gobiz yang sama persis dengan buatan aplikator. Terus dia telepon lagi, katanya ada otp-otp selanjutnya," jelasnya.

Atas kejadian itu, Sudrajat pun mengimbau kepada masyarakat agar tak mudah percaya dengan orang yang mengatasnamakan dari pihak aplikator terutama jika menyuruh untuk mengirimkan kode otp atau foto ATM.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x