CEK FAKTA: Merokok Bisa Menyebabkan Penyakit Mata?

- 13 Oktober 2020, 22:24 WIB
SEORANG peserta seminar nasional universal eye health, mempraktikan pemeriksaan kesehatan mata sebagai upaya edukasi kepada masyarakat pencegahan penurunan kesehatan mata, Minggu 24 November 2019.*/ECEP SUKIRMAN/PR
SEORANG peserta seminar nasional universal eye health, mempraktikan pemeriksaan kesehatan mata sebagai upaya edukasi kepada masyarakat pencegahan penurunan kesehatan mata, Minggu 24 November 2019.*/ECEP SUKIRMAN/PR /ECEP SUKIRMAN/

PRFMNEWS - Mata merupakan satu dari sekian organ tubuh yang sangat penting dalam kegiatan manusia sehari-hari. Untuk itu, kita harus selalu menjaga kesehatan mata.

Gangguan kesehatan pada mata bisa menjadi fatal apabila tidak ditangani secara tepat.

Namun hingga kini, tak sedikit masyarakat yang baru memeriksa kesehatan mata setelah adanya keluhan pada bagian mata.

Baca Juga: PT LIB Upayakan Liga 1 Dilanjutkan pada 1 November

Kepala Regional Bandung Klinik Jejaring Padjajaran, dr. Dhany Kartika Sari mengatakan, mayoritas kasus gangguan atau penyakit pada mata rupanya bisa mengalami perbaikan dengan sendiri, apabila terdekteksi sejak awal.

Sebab, jika gangguan pada mata tidak ditangani segera secara maksimal, maka akan terjadi gangguan ekstrem pada mata seperti kebutaan.

"80 persen dari penyebab kebutaan itu dari penyakit katarak. Dan katarak bahkan bisa terjadi pada bayi yang baru lahir hingga kalangan lanjut usia," kata dr. Dhany saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Selasa 13 Oktober 2020.

Baca Juga: Kemnaker Minta Bank Percepat Penyaluran BLT Rp600 Ribu untuk Pegawai

Lebih lanjut, dr. Dhani menyebut penanganan terhadap gangguan pada mata harus dilakukan secara hati-hati, tidak boleh asal melakukan pengobatan. Sebab jika ditangani asal-asalan, bisa memicu gangguan ekstrim pada mata, seperti kebutaan.

"Harus ditangani secara tepat, sesuai dengan keluhannya," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Rifki


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x