Cara Gampang Deteksi Covid-19 Tahan Napas Selama 10 Detik, Ternyata Hanya Hoax Belaka

- 23 Februari 2022, 20:17 WIB
Ilustrasi tahan napas
Ilustrasi tahan napas /Pexels.com/Darina Belonogova

PRFMNEWS - Beredar pesan berantai dengan klaim cara gampang deteksi virus corona atau Covid-19 yakni dengan cara tahan napas selama 10 detik, ternyata hanyalah hoax belaka.

Pesan berantai dengan isi klaim cara gampang deteksi Covid-19 dengan cara tahan napas selama 10 detik ini beredar luas WhatsApp.

Dalam pesan berantai tersebut, pesan berantai tersebut mengklaim bahwa dengan menahan nafas selama 10 detik dapat mendeteksi adanya Covid-19 dalam tubuh.

Baca Juga: Pembangunan Tol Getaci Mulai Dilakukan, Terbagi jadi 2 Tahap Telan Dana Rp56,2 Triliun

Faktanya, menurut hasil penelusuran Tim Kominfo RI, pesan berantai mengenai menahan napas selama 10 detik dapat mendeteksi Covid-19 adalah hoax.

Diketahui bahwa pesan berantai tersebut juga pernah beredar pada bulan Maret 2020 dan telah dirilis oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai isu hoaks.

Baca Juga: Mobil Mewah Ringsek Usai Tabrak Separator Busway depan Gedung DPR

Ditegaskan oleh dokter spesialis penyakit dalam, dr. RA Adaninggar, bahwa tes mandiri Covid-19 dengan menahan napas adalah metode yang tidak benar.

Dengan begitu dapat dipastikan bahwa klaim cara gampang deteksi Covid-19 dengan cara tahan napas selama 10 detik merupakan kabar bohong belaka.***

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x