Selain Mall, Pemprov Jabar Siapkan Lahan untuk Dibangun Kantor Imigrasi Baru di Bandung

- 30 Juni 2024, 10:00 WIB
Kantor Imigrasi baru untuk bikin Paspor segera hadir di Bandung
Kantor Imigrasi baru untuk bikin Paspor segera hadir di Bandung /Dok. Kemenkumham

PRFMNEWS – Pj Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin mengatakan pihaknya bersedia menyediakan lahan untuk pembangunan kantor imigrasi baru di Bandung. Namun, Bey belum menyebutkan detail di mana lokasi tanah yang direncanakan disiapkan untuk dibangun kantor imigrasi baru di Bandung.

Bey juga berharap layanan keimigrasian di Bandung seperti pembuatan paspor bisa dihadirkan di mall Bandung Indah Plaza (BIP). Dua hal tersebut menurutnya bisa sebagai solusi masalah Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung di Jalan Surapati yang selama ini kerap penuh sehingga mengurangi kenyamanan pelayanan ke masyarakat.

Sehingga guna meningkatkan kenyamanan dan kemudahan masyarakat saat membuat paspor maupun layanan keimigrasian lain, maka diusulkan disediakan petugas pelayanan di pusat keramaian salah satunya mall BIP hingga rencana pembangunan kantor imigrasi baru, agar tidak terjadi penumpukan pemohon di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung.

Baca Juga: Makin Mudah! Syarat Bikin Paspor Tak Perlu Lagi Bawa KTP dan KK, Kapan Mulai Berlaku?

Solusi menghadirkan kantor imigrasi baru dan pembukaan layanan bikin paspor di mall BIP, ujar Bey, menjadi penting mengingat volume pemohon layanan keimigrasian yang datang ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung sudah semakin banyak.

Sehingga Bey memastikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar akan mendukung layanan keimigrasian di wilayah yang dipimpinnya ini, khususnya Kota Bandung. Sebab ia pun memahami bahwa kebutuhan layanan paspor di Kota Bandung terus meningkat tiap tahunnya.

“Oleh karena itu, gedung kantor imigrasi yang tidak memadai perlu ditingkatkan kapasitasnya. Pemerintah Provinsi Jawa Barat dapat menyediakan sebidang tanah untuk dimanfaatkan menjadi kantor imigrasi yang baru” ujar Bey di acara Imifest 2024, Gedung Sabuga ITB, Kota Bandung, Sabtu 22 Juni 2024.

Baca Juga: Selain Pos, Imigrasi Gandeng Ojek Online Buka Layanan Kirim Paspor di 5 Wilayah Bandung Raya

Diketahui, Bey Machmudin mengusahakan pelayanan keimigrasian khususnya pembuatan paspor di Bandung bisa dihadirkan di mall atau pusat perbelanjaan sehingga akan semakin memudahkan masyarakat.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah