Kantor Imigrasi Bandung Penuh, Bey Ingin Layanan Bikin Paspor Hadir di Mall BIP

- 23 Juni 2024, 13:00 WIB
Ilustrasi paspor.
Ilustrasi paspor. /Dok. PRFM

PRFMNEWS – Pj Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin mengusahakan pelayanan keimigrasian khususnya pembuatan paspor di Bandung bisa dihadirkan di mall atau pusat perbelanjaan sehingga akan semakin memudahkan masyarakat.

Bandung Indah Plaza (BIP), Jalan Merdeka, Kota Bandung, menjadi salah satu mall yang diusulkan Bey untuk menjadi lokasi pelayanan pembuatan paspor. Alasan mall itu dipilih salah satunya karena berlokasi strategis di pusat kota.

Alasan lainnya, imbuh Bey, karena selama ini pelayanan keimigrasian di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung di Jalan Surapati selalu penuh. Kondisi ini menurutnya membuat masyarakat kurang nyaman.

"Untuk menambah pelayanan karena kantor Imigrasi Bandung selalu penuh, kami akan usahakan pelayanan di mal. Kami punya BUMD yang menangani BIP, nanti kita bisa kerja samakan. Tempatnya strategis di pusat kota. Kami harap ada pelayanan imigrasi di situ," tutur Bey.

Usulan menjadikan Mall BIP sebagai salah satu lokasi pelayanan keimigrasian disampaikan Bey saat menghadiri Festival Imigrasi “Imifest” 2024 yang berlangsung di Gedung Sabuga, Kota Bandung, Sabtu 22 Juni 2024.

Pada kegiatan tersebut ia mengapresiasi layanan pembuatan paspor bagi 1.000 pemohon. Inovasi pelayanan yang diinisiasi Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia bekerja sama dengan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung tersebut, ucapnya, akan lebih memudahkan masyarakat dalam mendapatkan paspor.

Sebab biasanya, imbuh Bey, pembuatan paspor hanya dilakukan di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung yang setiap harinya selalu dipadati pemohon.

"Terima kasih ada 1.000 paspor yang diberikan. Ini sangat ditunggu dan dibutuhkan oleh masyarakat, terlihat dari pagi sudah banyak yang datang," paparnya.

Tak hanya mendapatkan paspor, dalam kegiatan tersebut masyarakat juga diberikan edukasi seputar tahapan permohonan paspor yang benar serta apa saja yang diperlukan dan dipersiapkan sebelum keberangkatan ke luar negeri.

"Di sini masyarakat juga dibekali tips aman bepergian ke luar negeri," ucap Bey.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah