Perbaikan Pipa PDAM Meledak Picu Gangguan Aliran Air di Kota Bandung Temui Kendala, Kapan Rampung?

- 11 Juni 2024, 12:00 WIB
Petugas mengevak puing rumah yang rusak akibat pecahnya pipa milik PDAM Tirtawening di Cibangkong, Bandung, Kamis (6/6/2024). Sedikitnya dua rumah rusak berat atau roboh yang mengakibatkan 2 KK dengan 10 jiwa terdampak serta terjadi kerusakan pada kirmir sepanjang 50 meter akibat kejadian tersebut.*
Petugas mengevak puing rumah yang rusak akibat pecahnya pipa milik PDAM Tirtawening di Cibangkong, Bandung, Kamis (6/6/2024). Sedikitnya dua rumah rusak berat atau roboh yang mengakibatkan 2 KK dengan 10 jiwa terdampak serta terjadi kerusakan pada kirmir sepanjang 50 meter akibat kejadian tersebut.* /KONTRIBUTOR "PR"/DENI ARMANSYAH/

PRFMNEWS – Proses perbaikan pipa PDAM Kota Bandung milik Perumda Tirtawening yang jebol akibat meledak pada Rabu, 5 Juni 2024 malam terus dikerjakan. Selama diperbaiki, aliran air bersih kepada puluhan ribu pelanggan alami gangguan dan sebagai solusi, Perumda Tirtawening menghadirkan layanan pemesanan truk tangki air.

Update progres perbaikan pipa PDAM meledak di Jalan Maleer Utara RT 01 Kelurahan Maleer dan RT 02 RW 05 Kelurahan Cibangkong Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, hingga target waktu pekerjaan tersebut selesai diungkap Direktur Perumda Tirtawening Sonny Salimi.

Sonny mengungkapkan pihaknya menemui sejumlah kendala dalam proses perbaikan pipa PDAM pecah yang berdampak pada kerusakan rumah warga sekitar lokasi kejadian hingga kini aliran air bersih ke 90 ribu pelanggan Perumda Tirtawening mengalami gangguan.

Sonny menerangkan, mengganti pipa PDAM jebol tersebut tidak mudah karena ukuran diameter keretakan pada pipa yang rusak akibat meledak pada Rabu malam itu cukup besar. Ditambah kondisi di atas timbunan pipa rusak tersebut merupakan permukiman padat penduduk.

Baca Juga: Jadi Perhatian Serius, Pemkot Bandung Tekankan Upaya Cegah Pipa PDAM Jebol Lewat Perawatan dan Kontrol

"Pecahnya kemarin itu tidak pecah dalam bentuk bulat tetapi dalam retakan memanjang. Satu batang pipa hari ini harus diganti namun karena seperti yang kita lihat di sini termasuk pemukiman padat. Jadi kita tidak bisa mengganti untuk satu batang,” jelas dia di Kota Bandung, Senin 10 Juni 2024 dikutip dari ANTARA.

Terkait kapan perbaikan pipa PDAM jebol itu selesai, imbuh dia, Perumda Tirtawening Kota Bandung menargetkan tuntas sebelum Hari Raya Idul Adha 17 Juni 2024, sehingga aktivitas warga dalam mendapatkan air bersih kembali normal.

Sonny menjelaskan pula proses perbaikan tersebut berdampak pada gangguan pelayanan terhadap puluhan ribu pelanggan Perumda Tirtawening karena selain temui kendala tersebut ditambah prosesnya bertahap, yakni mulai dari mengosongkan aliran air hingga mengganti pipa yang rusak dengan pipa baru.

"Jadi nanti bisa 1.400 liter per detik lagi. Kemudian kami baru akan coba melakukan perbaikan sistem distribusinya karena lima hari pipa pasti agak kosong. Semoga sebelum Idul Adha semua sudah lancar," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah