Ditutup Sementara, Begini Kronologi Pipa PDAM Meledak di Bandung Akibatkan Rumah Roboh dan Banjir

- 6 Juni 2024, 08:40 WIB
Pipa Sentral PDAM Tirtawening di Cibangkong, Kota Bandung Mengalami Kebocoran, Rabu, 5 Juni 2024.
Pipa Sentral PDAM Tirtawening di Cibangkong, Kota Bandung Mengalami Kebocoran, Rabu, 5 Juni 2024. /FPMKI/

BANDUNG, PRFMNEWS – Pipa PDAM Tirtawening yang pecah akibat meledak berhasil ditutup sementara untuk menghentikan aliran deras air yang membuncah. Kejadian pipa PDAM meledak terjadi di Jalan Maleer Utara, RT 01 Kelurahan Maleer dan RT 02 RW 05 Kelurahan Cibangkong, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Rabu 5 Juni 2024.

Penutupan sementara pipa PDAM Tirtawening yang meledak di kawasan Cibangkong ini dilakukan oleh petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung. Selain itu, aliran listrik di sekitar lokasi kejadian juga diputus sementara untuk menghindari arus pendek listrik.

Kronologis kejadian pipa PDAM meledak dijelaskan Diskar PB Kota Bandung. Peristiwa yang mengakibatkan sejumlah rumah rusak berat dan terendam banjir ini terjadi Rabu sore sekira pukul 15.30 WIB.

Baca Juga: Kecelakaan di Kopo Jadek Rabu Malam Kemarin Libatkan 4 Kendaraan dan 3 Orang Jadi Korban

Melansir laman resmi Pemkot Bandung, kejadian diawali dengan terdengar suara ledakan di rumah seorang warga bernama Bambang. Saat dicek terlihat air keluar dengan deras dari bawah tanah.

Pemilik rumah dibantu warga mengevakuasi anggota keluarga dan beberapa barang berharga. Tak berselang lama, tiba-tiba rumah Bambang dan tetangganya roboh. Warga yang melihat kejadian tersebut menghubungi Emergency Call 113 Diskar PB Kota Bandung untuk minta bantuan.

Petugas Diskar PB Kota Bandung bergegas menuju ke lokasi kejadian dan tiba pukul 16.30 WIB. Tim langsung melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan ketua RW dan RT setempat.

Saat tiba di lokasi, air masih meluap dengan ketinggian sekira 50 cm. Petugas langsung berkoordinasi dengan pihak kewilayahan, PDAM Tirtawening, PLN, DSDABM dan BBWS Citarum untuk melakukan penutupan sementara pipa air yang meledak di lokasi.

Baca Juga: Segera Hadir Pasar Kreatif 2024 di 6 Mall Kota Bandung, Catat Jadwal Acaranya Biar Nggak Kelewat

Akibat kejadian tersebut, 2 rumah terdampak mengalami rusak berat (roboh) di RT 01 RW 05 Kelurahan Maleer dengan 2 Kepala Keluarga (KK) 10 Jiwa. Selain itu terdapat pula 77 KK di RT 02 RW 05 Kelurahan Cibangkong yang terdampak banjir serta terdapat kirmir yang ambruk.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah