Terungkap 2 Alasan Perbaikan Flyover Exit Tol KM 149 Gedebage Belum Selesai, Kapan Mulai Dibuka Lagi?

- 1 Mei 2024, 16:30 WIB
Gerbang Exit Tol KM 149 Gedebage menghilang, Jasa Marga ungkap penyebabnya.
Gerbang Exit Tol KM 149 Gedebage menghilang, Jasa Marga ungkap penyebabnya. /Netizen PRFM

PRFMNEWS – Update kabar progres perbaikan jembatan layang atau flyover akses Exit Tol KM 149 ruas Jalan Tol Padaleunyi di wilayah Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, disampaikan Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan pada akhir April 2024 dari hasil kunjungannya ke pihak Kementerian PUPR.

Penyelesaian perbaikan flyover Exit Tol KM 149 Gedebage sangat penting karena menentukan kapan pintu tol ini dibuka lagi usai kembali ditutup sejak 1 Januari 2024 pukul 22.00 WIB. Pembukaan kembali Gerbang Tol KM 149 Tol Padaleunyi diyakini mampu mengurai kemacetan lalu lintas di ruas-ruas jalan kawasan Gedebage.

Ketua DPRD Kota Bandung mengungkap alasan proses perbaikan flyover Gerbang Tol (GT) KM 149 Gedebage belum kunjung selesai hingga akhir April 2024. Hal tersebut Tedy Rusmawan ketahui usai kunjungan ke kantor Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional DKI Jakarta-Jawa Barat, Kota Bandung.

Baca Juga: Exit Tol KM 149 Ditargetkan Beroperasi Lagi Awal Tahun Depan dengan Tidak Ada Pembatasan Waktu Lagi

Penyebab flyover Pintu Tol KM 149 Gedebage yang rusak belum selesai diperbaiki sehingga gerbang tol yang menjadi salah satu akses menuju Masjid Raya Al Jabbar dan kawasan Summarecon Bandung ini belum kunjung kembali dioperasikan, ujar Tedy, karena faktor anggaran dan kondisi kerusakan yang terjadi.

Tedy memastikan DPRD Kota Bandung terus mengawal proses perbaikan flyover hingga dibukanya kembali Exit Tol KM 149 Gedebage. Upaya nyata mendorong pembukaan kembali GT tersebut, akunya, sudah dilakukan sejak Februari 2024.

“Informasi terbaru (Exit Tol) KM 149, kami di bulan Februari pernah berkunjung ke kantor Kementerian PUPR di Jakarta dan dapat informasi akan dilaksanakan perbaikan di 2024. Kami pun terus mengawal dan hari kamis kemarin tanggal 25 April 2024, kami berkonsultasi menanyakan progress (Exit Tol) KM 149 ke Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional DKI Jakarta dan Jawa Barat, kami dapat informasi langsung dari pak kepalanya,” jelas dia, Jumat 26 April 2024.

Baca Juga: Ketua DPRD Kota Bandung Dapat Penjelasan Soal Perbaikan Akses Exit Tol KM 149, Mei Baru Dilelang

“Beliau menyampaikan Insyaallah anggarannya sudah tersedia di tahun 2024 ini. Mohon doanya dari seluruh warga Kota Bandung, pengerjaannya mudah-mudahan akan dilaksanakan di bulan Juni 2024. Flyover KM 149 ini mengalami kerusakan keretakan yang sifatnya struktural sehingga perlu penanganan yang sangat serius dan butuh waktu,” imbuhnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah