HUT ke-75 TNI, Dansektor 6 Citarum Bersama Masyarakat Tanam 300 Pohon di Pinggir Sungai

- 5 Oktober 2020, 11:06 WIB
Dansektor 6 Satgas Citarum Harum, Kolonel Arh Didik Suswandi bersama masyarakat melakukan penghijauan di DAS Citarum, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung.
Dansektor 6 Satgas Citarum Harum, Kolonel Arh Didik Suswandi bersama masyarakat melakukan penghijauan di DAS Citarum, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. //Budi Satria/PRFM

PRFMNEWS - Dalam rangka HUT ke-75 TNI, Satgas Citarum Harum bersama masyarakat sekitar melakukan penghijauan dengan menanam 300 pohon di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum di Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Senin 5 Oktober 2020.

Dansektor 6 Satgas Citarum Harum, Kolonel Arh Didik Suswandi mengatakan, ratusan pohon yang ditanami adalah jenis pohon keras dan buah seperti pohon jengkol, petai, mangga, durian dan dukuh. Selain itu juga bantaran sungai ditanami ribuan vetiver, tanaman berakar kuat yang bisa menahan abrasi sungai.

"Kegiatan ini diharapkan dapat menghidupkan kembali DAS yang beberapa hari lalu kita tata, dan ada beberapa pohon yang terkena karena pelebaran sungai, terkena alat berat kami, jadi kita lakukan penghijauan antaranya tanaman keras dan tanaman buah-buahan yang dapat dinikmati masyarakat," ujar Didik kepada PRFM.

Baca Juga: Lagi-Lagi Viral Foto KTP Cantik, Kali Ini Pemiliknya Gadis Asal Bogor

Dansektor 6 Satgas Citarum Harum, Kolonel Arh Didik Suswandi bersama masyarakat melakukan penghijauan di DAS Citarum, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung.
Dansektor 6 Satgas Citarum Harum, Kolonel Arh Didik Suswandi bersama masyarakat melakukan penghijauan di DAS Citarum, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. /Budi Satria/PRFM

Didik menuturkan, jumlah pohon yang disediakan mencapai 5.000 hingga 10.000 bibit pohon, tetapi untuk sementara ini yang sudah disiapkan adalah 300 lubang siap tanam. Sebab untuk menanam pohon tidak boleh terlalu berdempetan jarak satu pohon dengan pohon lainnya.

Ia juga selalu mengajak masyarakat agar ikut berpartisipasi memelihara lingkungan seperti DAS Citarum dengan menanam pohon yang manfaatnya bisa dirasakan kemudian hari. Soal progres penanganan Sungai Citarum, sejauh ini sektornya sudah menata DAS serta menangangkat sedimen yang berpotensi menyebabkan banjir.

 

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x