Tegakkan Aturan, Penataan PKL di Sejumlah Lokasi Prioritas ini Jadi Fokus Pemkot Bandung Pasca Lebaran

- 24 April 2024, 05:30 WIB
Kepala Satpol PP Kota Bandung, Rasdian Setiadi
Kepala Satpol PP Kota Bandung, Rasdian Setiadi /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung kembali fokus menata Pedagang Kaki Lima (PKL) di sejumlah titik lokasi. Hal ini lantaran selama Ramadan hingga Lebaran Idulfitri 2024, sejumlah ruas jalan di Kota Bandung mulai kembali dipenuhi para PKL.

Beberapa lokasi yang menjadi prioritas penataan PKL pasca Lebaran 2024, kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Bandung Asep Gufron, paling utama adalah kawasan Alun-alun Bandung, Saparua, dan Monumen Perjuangan (Monju).

"Perlu kolaborasi bersama dari aparat kewilayahan beserta para OPD (Organisasi Perangkat Daerah) lainnya. Khusus untuk di kawasan Alun-alun, itu sudah 'clear' (aturannya), harus bebas dari PKL. Pemkot Bandung sudah mengakomodir ke area basement," ujar Asep dalam Rapat Koordinasi di Balai Kota Bandung, Senin 22 April 2024.

Penataan PKL di kawasan Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) serta pasar tumpah di sekitar Jalan Diponegoro, imbuh Asep, juga merupakan titik lokasi yang menjadi perhatian Pemkot Bandung.

"Titik-titik di wilayah perkotaan ini harus menjadi perhatian kita," pesannya.

Selain itu, Asep juga meminta aparat kewilayahan untuk terus memonitor kawasan di wilayahnya. Ia menilai, pemantauan yang dilakukan secara masif perlu dilakukan sehingga titik-titik yang menjadi perhatian tersebut dapat sama-sama terjaga dari PKL.

Ia juga berharap seluruh pihak konsisten saling menjaga regulasi. Artinya, penertiban dan penegakan aturan soal PKL ini tidak hanya berlaku sementara.

"Kita harus menjaga konsistensi, melakukan edukasi, sosialisasi, dan penegakan. Jangan sampai penegakan aturan ini terkesan hanya sementara oleh masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kota Bandung Rasdian Setiadi memastikan pihaknya terus berupaya melakukan koordinasi dan komunikasi terkait penataan dan penertiban PKL di sejumlah wilayah prioritas.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x