Rawan Macet, Puncak Arus Balik Lebaran Lintas Padalarang Bandung Barat Diprediksi Terjadi hingga Hari ini

- 15 April 2024, 12:40 WIB
Pj Gubernur Jabar saat meninjau Posko Terpadu Angkutan Lebaran di Padalarang Kabupaten Bandung Barat
Pj Gubernur Jabar saat meninjau Posko Terpadu Angkutan Lebaran di Padalarang Kabupaten Bandung Barat /Humas Jabar

PRFMNEWS - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung Barat memprediksi jadwal arus balik Lebaran 2024 melewati ruas jalan Padalarang akan terjadi sampai tanggal 15 April 2024. Hal ini berpotensi memicu kemacetan lalu lintas di ruas jalan Padalarang arah Cianjur.

Kepala Dishub Kabupaten Bandung Barat Fauzan Azima bahkan menyebut periode puncak arus balik Lebaran 2024 diprediksi terjadi Minggu kemarin, 14 April dan hari ini, Senin 15 April. Jumlah kendaraan masa puncak arus balik ini menurut perkiraannya akan lebih banyak dibandingkan saat puncak arus mudik.

"Sejak Kamis atau H+1 Idul Fitri memang terjadi kepadatan, namun saat itu padat oleh yang berwisata atau yang hendak bersilaturahmi ke rumah kerabat. Puncak arus balik kemungkinan hari ini dan tanggal 15 April 2024, dan arus mudik tidak sebesar arus balik, meningkatnya volume kendaraan punya potensi memberi kemacetan," kata Fauzan di Bandung, Minggu 14 April 2024.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Wisata Salju di Kota Bandung, Rekomended untuk Mengisi Libur Lebaran Bersama Keluarga

Fauzan menyebut dominasi kendaraan yang melintasi ruas jalan Padalarang dari arah Bandung ke Cianjur hingga terus ke Jakarta pada masa arus balik Lebaran 2024 hingga memicu kemacetan ini adalah mobil.

Jalan Padalarang Raya sendiri merupakan jalur perlintasan mudik balik dari wilayah Priangan Timur seperti Garut, Tasikmalaya, Ciamis, dan sekitarnya, ke Kota Sukabumi, Cianjur, Purwakarta, Bekasi, Karawang, hingga Jakarta.

"Untuk tujuan ke Barat seperti Cianjur terus Jakarta, prediksi puncaknya hari ini," ucapnya.

Baca Juga: Murmer, Ini 7 Tempat Berburu Aneka Barang Jadul-Terhits di Bandung, Nomor 5 Pernah Jadi Lokasi Belanja Jokowi

Sebagai upaya mengantisipasi kemacetan saat arus balik Lebaran 2024 di ruas Jalan Padalarang Raya, ia memastikan pihaknya telah menempatkan personel di setiap pos terpadu yang masih terus beroperasi di seluruh titik yang ditetapkan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x