Polisi Atur Lalin di Titik Keramaian Kota Bandung, Kemacetan Diprediksi Terjadi hingga H+5 Lebaran

- 11 April 2024, 12:00 WIB
Ilustrasi kemacetan arus lalu lintas di Kota Bandung
Ilustrasi kemacetan arus lalu lintas di Kota Bandung /NETIZEN PRFM

PRFMNEWS – Satlantas Polrestabes Bandung mengerahkan sejumlah personel untuk berjaga dan mengatur lalu lintas (lalin) di sejumlah titik lokasi keramaian di Kota Bandung yang rawan terjadi kemacetan arus kendaraan pada momen libur Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Kemacetan lalin di Kota Bandung menurut prediksi pihak Satlantas Polrestabes Bandung masih akan terjadi pada H+2 (2 hari setelah Lebaran 2024) hingga H+5 Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Hal ini seperti diutarakan Kasatlantas Polrestabes Bandung AKBP Eko Iskandar

Eko Iskandar mengatakan pada hari pertama dan kedua Lebaran tepatnya tanggal 10 dan 11 April 2024, pihaknya mengantisipasi kemacetan lalin di sejumlah ruas jalan yang diprediksi didominasi oleh perjalanan masyarakat menuju lokasi shalat Ied dan melaksanakan tradisi ziarah kubur.

"Sementara di H+3 sampai H+5 diantisipasi (kemacetan lalu lintas) terkait aktivitas pariwisata, karena ini juga bertepatan dengan waktu weekend Jumat, Sabtu dan Minggu. Antisipasi juga dilakukan atas kegiatan mudik lokal di Bandung," kata Eko di Bandung, Rabu 10 April 2024.

Guna mengantisipasi kemacetan panjang pada periode libur Lebaran 2024 tersebut, jelas Eko, pihaknya telah mengklasifikasikan beberapa titik rawan terjadi kepadatan kendaraan di Kota Bandung.

Beberapa titik tersebut diklasifikasikan berdasarkan daftar ruas jalan yang memang langganan macet apabila hari libur ataupun jam pulang kantor yang pada H+3 sampai H+5 juga diprediksi akan menjadi titik-titik kemacetan pada momen libur Lebaran 2024.

"Antara lain Jalan Dokter Djunjunan juga kemudian Sukajadi, Setiabudi menuju Ledeng kemudian Jalan Cihampelas yang menuju ke Pasteur, Jalan Soekarno Hatta di Gedebage, termasuk juga Asia Afrika," papar Eko.

Mal-mal di sekitaran Bandung, jalan-jalan yang sempit dan berpotensi menyebabkan kemacetan seperti Gatot Subroto, Pasirkaliki, pertigaan Cemerlang sampai Gardujati, Kebon Jati, Sukajadi depan PVJ, Setiabudi, dan Cihampelas, imbuh dia, juga menjadi fokus perhatian pihaknya.

"Kemudian berdasarkan tempat tempat wisata bandung yang akan menjadi fokus kita apabila lebaran sesuai pengalaman kita ramai antara lain Kebun Binatang, Taman Lalu Lintas, dan Karangsetra," ucapnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x