Ridwan Kamil Ajak Warga Buka Puasa Makan 2 Street Food Bandung Terenak di Dunia Versi TasteAtlas

- 13 Maret 2024, 19:00 WIB
Ridwan Kamil.
Ridwan Kamil. /Dok: Humas Pemda Jabar

BANDUNG, PRFMNEWS – Ridwan Kamil mengajak masyarakat berbuka puasa Ramadhan 2024 dengan menikmati kuliner street food asal Bandung, Jawa Barat (Jabar), yang dinobatkan sebagai makanan pinggir jalan terenak di dunia versi TasteAtlas (panduan online tentang kuliner otentik suatu daerah di dunia).

Ada dua street food asal Bandung yang menjadi juara dunia versi TasteAtlas yaitu siomay dan batagor. Dua kuliner tersebut memang sudah banyak dijajakan di Bandung bahkan kini telah merambah ke berbagai daerah lain di Indonesia.

“SIOMAY DAN BATAGOR JUARA DUNIA, 2 makanan terenak sedunia versi food atlas. Karena sepakbola masih jauh jadi juara dunia, minimal urusan kuliner kita juara dunia. Mari berbuka dengan siomay dan batagor,” ujar Ridwan Kamil di akun Instagram-nya, Rabu 13 Maret 2024.

Baca Juga: FOTO-FOTO Motor Tertimpa Baliho Raksasa di Gedebage Selatan Sore Ini

“Sejarah batagor: Dulu ada suami orang Batak nikah ama istri orang Bogor, minta bakso tahunya digoreng aja sebagai variasi. Lahirlah istilah batagor alias Baso Tahu Goreng. True story: Batagor itu asli dari Bandung, inovasi kuliner awal 90-an,” imbuhnya.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ridwan Kamil (@ridwankamil)

Siomay dalam website Taste Atlas dijelaskan sebagai masakan Indonesia yang terdiri dari pangsit ikan kukus berbentuk kerucut, telur, kentang, kubis, tahu, dan pare. Setelah dikukus, semua bahan ditaruh di piring, dipotong-potong seukuran sekali gigit, dan ditaburi saus kacang pedas.

Disebutkan pula sebagai sentuhan terakhir pada hidangan ini adalah pemberian siraman kecap manis dan sambal, serta sedikit perasan jeruk nipis. Makanan ini pada website Taste Atlas diberi nilai 4.8 yang merupakan nilai tertinggi untuk kategori street food atau makanan pinggir jalan.

Selanjutnya batagor, Taste Atlas memberikan nilai 4.7 untuk makanan ini. Lebih lanjut dijelaskan bahwa batagor merupakan salah satu jajanan paling terkenal di Indonesia, merupakan pangsit ikan goreng yang disajikan dengan saus pedas tradisional.***

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x