Kenapa Exit Tol KM 149 Lama Tak Kunjung Dibuka untuk Atasi Kemacetan Gedebage?

- 6 Maret 2024, 18:15 WIB
Gerbang Tol KM 149 Gedebage menghilang, Jasa Marga ungkap penyebabnya.
Gerbang Tol KM 149 Gedebage menghilang, Jasa Marga ungkap penyebabnya. /Netizen PRFM

GEDEBAGE, PRFMNEWS – Exit Tol KM 149 kini masih ditutup dan belum dibuka kembali hingga awal Maret 2024. Padahal, operasional gerbang tol yang berada di ruas Jalan Tol Padaleunyi ini dinantikan masyarakat karena menjadi salah satu solusi mengurai kemacetan lalu lintas di kawasan Gedebage, Kota Bandung.

Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan memberi bocoran target kapan Exit Tol KM 149 Tol Padaleunyi ini akan kembali dioperasikan agar bantu mengurangi kemacetan di kawasan Gedebage yang kini memiliki banyak destinasi favorit untuk dikunjungi masyarakat.

Tedy Rusmawan mengungkap pula alasan Exit Tol KM 149 butuh waktu lama untuk kembali dibuka dilintasi kendaraan. Penutupan sementara pintu tol ini oleh Jasa Marga sesuai arahan Kementerian PUPR dilakukan sejak tanggal 29 Desember 2023 dan hingga awal Maret 2024 belum kunjung dioperasikan lagi.

Terkait target jadwal pembukaan kembali Gerbang Tol (GT) KM 149 Gedebage ini, kata Tedy Rusmawan, akan dilakukan pada akhir tahun 2024 atau sekira bulan Desember. Pihaknya pun memastikan turut mendorong ke Kementerian PUPR dan stakeholder terkait agar GT ini bisa lebih cepat beroperasi lagi.

Selanjutnya mengenai alasan pembukaan kembali Pintu Tol KM 149 Tol Padaleunyi untuk bantu mengatasi kemacetan di kawasan Gedebage butuh waktu lama. Tedy mengungkapkan saat ini Kementerian PUPR dan pihak terkait lainnya tengah berupaya memperbaiki struktur jembatan akses ke GT tersebut yang mengalami kerusakan.

Tedy memaparkan menurut informasi yang didapatkannya, dalam waktu dekat akan dilaksanakan tahapan tender kontraktor yang akan mengerjakan perbaikan jembatan akses ke Exit Tol KM 149 Gedebage, dengan anggaran dana dari tahun 2023.

Dia memperkirakan perbaikan oleh pihak kontraktor dimulai sekira bulan Mei 2024. Karena proses pengerjaan menelan waktu kurang lebih delapan bulan, maka ditargetkan akhir 2024 Exit Tol KM 149 Gedebage itu sudah dibuka dan dapat kembali dipergunakan.

Maka dari itu ia berharap agar pengerjaan perbaikan jembatan akses Exit Tol KM 149 Gedebage dapat segera dieksekusi, sehingga gerbang tol pada ruas Jalan Tol Padaleunyi itu bisa cepat dibuka kembali untuk dilintasi kendaraan sesuai target waktu yang ditetapkan.

"Mudah-mudahan (segera) dieksekusi, karena pengerjaan paling lama delapan bulan," ungkapnya di Bandung, Sabtu 2 Maret 2024.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x