Segera Dibangun PUPR, Tol Dalam Kota Bandung Akan Berbentuk Jalan Layang Lintasi Rute ini

- 1 Maret 2024, 06:30 WIB
Dalam desain perencanaan pembangunan BIUTR Pasteur-Cileunyi akan ada underpass Gasibu sepanjang 550 meter. BIUTR ini juga akan terkoneksi dengan Tol Getaci
Dalam desain perencanaan pembangunan BIUTR Pasteur-Cileunyi akan ada underpass Gasibu sepanjang 550 meter. BIUTR ini juga akan terkoneksi dengan Tol Getaci /DBMP Bandung

PRFMNEWS – Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memastikan pembangunan Jalan Tol Dalam Kota Bandung atau Bandung Intra Urban Tol Road (BIUTR) akan berlanjut dan dikerjakan mulai tahun 2024 ini. Kehadiran BIUTR diharapkan menjadi salah satu solusi mengatasi kemacetan lalu lintas di ruas-ruas jalan yang dilintasi rute jalan tol ini.

"Untuk mengatasi kemacetan di Kota Bandung, kami sepakat untuk melanjutkan Bandung Intra Urban Tol Road. Jadi akan kita lelangkan segera, kita meneruskan untuk mengatasi kemacetan di Bandung," kata Menteri Basuki usai rapat bersama Pj Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin di kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu 28 Februari 2024.

Menurut informasi dari Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jabar, proyek Tol Dalam Kota Bandung ini kemungkinan besar mulai dibangun pada 2024 selepas Kementerian PUPR dan beberapa pihak lainnya meninjau dokumen perencanaan dan kerja sama.

Terkait rute yang akan dilintasi BIUTR, berdasarkan rencana awal, Tol Dalam Kota Bandung ini akan dibangun menghubungkan antara Gerbang Tol Pasteur hingga Gedebage, melewati kawasan Surapati dan Cicaheum. Namun kepastian rute ini nantinya akan kembali dilakukan pembahasan.

Rencananya, BIUTR akan dibangun berupa jalan layang seperti Tol Tanjung Priok di wilayah DKI Jakarta. Untuk perkembangan selanjutnya, Pemprov Jabar akan melakukan pertemuan lanjutan dengan Kementerian PUPR guna mendetailkan rencana dan pendalaman terkait rancangan desain proyek BIUTR ini.

Sebelumnya, Menteri PUPR mengatakan pihaknya akan membantu percepatan pembangunan sejumlah infrastruktur di Jawa Barat termasuk salah satunya Tol Dalam Kota Bandung.

Kementerian PUPR akan turut memulai proses percepatan rencana pembangunan tol yang sudah mangkrak hampir 17 tahun itu dengan skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).***

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x