Solusi Kemacetan Braga, Pemkot Bandung Akan Beli Lahan untuk Bangun Gedung Parkir

- 6 Februari 2024, 08:00 WIB
Jalan Braga Kota Bandung.
Jalan Braga Kota Bandung. /HUMAS BANDUNG

BRAGA, PRFMNEWS – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berupaya mencari solusi mengatasi kemacetan di kawasan Jalan Braga dan sekitarnya. Salah satu solusi yang sedang diupayakan oleh Pemkot Bandung adalah menyiapkan gedung parkir khusus.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna mengakui penyebab kemacetan di kawasan Braga salah satunya kendaraan roda dua maupun roda empat yang parkir di bahu jalan sehingga menghambat pergerakan kendaraan lain yang melintas sehingga rentan memicu kemacetan.

Belum lagi aktivitas parkir liar, menurut Ema Sumarna, yang juga masih terjadi di kawasan Braga dan sekitarnya. Selain turut memicu kemacetan tentu juga menghilangkan estetika Kota Bandung. Kondisi itulah yang menurutnya juga menjadi pekerjaan rumah (PR) Pemkot Bandung.

Baca Juga: Rencana Jalan Braga Bebas dari Parkir Kendaraan Masih Tahap Kajian

Oleh karena itu, Ema Sumarna menilai kehadiran gedung parkir khusus sangat penting guna mengakomodir sepeda motor maupun mobil yang selama ini parkir di Jalan Braga dan kawasan Cikapundung masuk ke gedung parkir tersebut, sehingga tidak ada lagi kendaraan parkir di bahu jalan.

“Parkir liar ini luar biasa, di satu sisi, Bandung cukup kesulitan mendapatkan lokasi untuk gedung parkir. Lalu bagaimana supaya di Braga tidak ada parkir (di pinggir jalan). Kita masih mencari alternatif, mengingat aktivitas di Braga ini sangat luar biasa, banyak tenaga kerja yang beraktivitas di sana. Roda duanya nanti kita pindahkan ke mana, roda empatnya nanti harus ada tempat seperti apa,” ujar Ema dalam talkshow di Radio 107.5 PRFM News Channel, Jumat 2 Februari 2024.

“Ini kita sudah ada gambaran, ada lahan yang bisa kita beli tapi kan ini belum deal dengan si pemiliknya. Mudah-mudahan ke depan kalau memang ini sudah benar-benar bisa dimiliki oleh pemkot, itu akan segera dibuatkan gedung parkir. Sehingga siapapun yang beraktivitas di sekitar kawasan Cikapundung dan Jalan Braga, semuanya (kendaraan) masuk ke gedung parkir yang kita siapkan,” imbuhnya.

Baca Juga: Kemenhub Bakal Revitalisasi Terminal Cicaheum, Menhub Minta Syarat ini Segera Dipenuhi

Namun Ema belum menyebutkan rinci, di mana lahan yang direncanakan dibeli oleh Pemkot Bandung untuk dibangun gedung parkir para pengunjung kawasan Braga dan sekitarnya. Dia baru memberi bocoran bahwa sampai saat ini masih dalam proses menjalin kesepakatan antara pemkot dan pemilik lahan.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x