Dipuji Jokowi, Terminal Leuwipanjang Kini Punya Fasilitas Modern Usai Revitalisasi Telan Rp70 Miliar

- 4 Februari 2024, 17:00 WIB
Presiden Jokowi meresmikan terminal tipe A, Terminal Leuwipanjang di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Sabtu 3 Februari 2024.
Presiden Jokowi meresmikan terminal tipe A, Terminal Leuwipanjang di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Sabtu 3 Februari 2024. /Foto: BPMI Setpres /Rusman

PRFMNEWS – Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung, Jawa Barat, dengan wajah dan fasilitas baru pasca dilakukan revitalisasi yang menelan anggaran mencapai sekira Rp70 miliar telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Sabtu, 3 Februari 2024.

Presiden Jokowi memuji wajah dan fasilitas baru Terminal Leuwipanjang Bandung yang kini memiliki fasilitas semakin lengkap dan modern, antara lain area tunggu penumpang dan area bus lebih nyaman, mesin cetak tiket elektronik, papan informasi, area UMKM, hingga kantor Samsat yang berada di dalam gedung terminal.

Menurut Jokowi, usai revitalisasi, Terminal Leuwipanjang sudah tidak lagi memiliki kesan dan persepsi terminal bus yang kotor, kumuh, dan banyak premanisme, melainkan berganti dengan kesan modern, nyaman dan banyak fasilitas pendukung.

Baca Juga: Momen Jokowi Olahraga di Gasibu Bandung Hari ini, Ditemani Keluarga hingga Sapa Warga

"Kalau kita lihat pada hari ini, terminal seperti di Leuwipanjang Kota Bandung yang dibangun menghabiskan anggaran Rp70 miliar keren banget. Ini untuk mendorong masyarakat kembali menggunakan transportasi umum," ujarnya saat memberi sambutan.

Jokowi berharap kehadiran Terminal Leuwipanjang usai revitalisasi ini akan membuat masyarakat tidak lagi menggunakan kendaraan pribadi dan beralih ke penggunaan transportasi umum.

"Karena kalau itu (penggunaan kendaraan pribadi) diteruskan, yang terjadi adalah kemacetan seperti yang sering kita alami dalam kehidupan sehari-hari," tuturnya.

Baca Juga: Legenda Persib Takjub Naik Kereta Api Papandayan ke Garut-Gambir, Begini Katanya

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menambahkan, Terminal Leuwipanjang mampu menampung minimal 2.000 penumpang yang datang dan pergi setiap harinya melalui terminal tipe A ini.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x