Akui Banjir Gedebage Masih Terjadi, Pemkot Bandung Siapkan Langkah Intensif di 2024 Sebagai Solusi

- 14 Desember 2023, 15:00 WIB
Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono (tengah) saat meninjau kawasan Gedebage Rabu, 13 Desember 2023.
Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono (tengah) saat meninjau kawasan Gedebage Rabu, 13 Desember 2023. /Diskominfo kota Bandung/

PRFMNEWS - Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono mengatakan masalah banjir di Gedebage memang masih terjadi terutama saat hujan intensitas tinggi melanda kawasan tersebut. Untuk itu, ia memastikan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus mengakselerasi penyelesaian banjir di wilayah Gedebage.

"Masih ada titik banjir cileuncang di Kota Bandung, satu di antaranya adalah di Gedebage. Sudah disepakati para pihak untuk bertanggung jawab (menghadirkan solusi penanganan banjir), ini multisektor," kata Bambang seusai meninjau kawasan Gedebage, Rabu 13 Desember 2023.

Bambang mengklaim, meski masih terjadi, persoalan banjir di kawasan Gedebage perlahan sudah mulai teratasi. Kehadiran kolam retensi Gedebage menurutnya telah berhasil menurunkan frekuensi dan intensitas air.

Baca Juga: 6 Orang Tewas Usai Feeder KA Cepat Tabrak Mobil

"Memang belum optimal, tapi sudah bisa menurunkan debit airnya. Intensitas, frekuensi, dan volumenya sudah bisa kita turunkan," ungkap dia.

Sebagai solusi lebih lanjut untuk penanganan banjir Gedebage, Bambang membeberkan ada beberapa upaya yang sedang dan akan dilakukan Pemkot Bandung bersinergi dengan sejumlah pihak pada tahun 2024.

Solusi penyelesaian banjir Gedebage yang sedang dilakukan saat ini, ujar dia, yakni dengan memperbaiki dan memperlebar crossing dan gorong-gorong yang ada di Jalan Soekarno Hatta.

Baca Juga: IBL 2024 Digelar Home Away dan Bertabur Bintang

"Kita pastikan crossing dan gorong-gorong yang ada di Jalan Soekarno-Hatta diperbaiki. Bahkan ada beberapa titik diperbesar dan dimensinya itu sudah dilakukan oleh teman-teman dari Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR," tuturnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah