UIN Bandung Raih Penghargaan Religious Studies Terbaik di Indonesia Versi SIR 2023, Ini Alasannya

- 12 Desember 2023, 16:30 WIB
MAHASISWA mempelajari terbitan artikel jurnal di Perpustakaan UIN Bandung di Jalan A.H Nasution, Kota Bandung, Selasa (28/3/2023). Beberapa tahun ke belakang, pemerintah menggenjot mutu perguruan tinggi agar setara dengan kampus terkemuka dunia. Salah satunya adalah memperbanyak publikasi di jurnal internasional bereputasi, yang dimaknai sebagai jurnal terindeks Scopus.*
MAHASISWA mempelajari terbitan artikel jurnal di Perpustakaan UIN Bandung di Jalan A.H Nasution, Kota Bandung, Selasa (28/3/2023). Beberapa tahun ke belakang, pemerintah menggenjot mutu perguruan tinggi agar setara dengan kampus terkemuka dunia. Salah satunya adalah memperbanyak publikasi di jurnal internasional bereputasi, yang dimaknai sebagai jurnal terindeks Scopus.* /KHOLID/KONTRIBUTOR "PR"

PRFMNEWS - Religious Studies pada Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung dinobatkan sebagai yang terbaik di Indonesia versi The Scimago Institutions Rankings (SIR) 2023. SIR merupakan lembaga pemeringkatan pendidikan.

Alasan SIR memberikan penghargaan tersebut ke UIN Bandung karena adanya penilaian kinerja positif pada Religious Studies di Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) itu pada aspek penelitian, inovasi, dan dampak sosial yang diukur melalui visibilitas web.

Ada tiga faktor yang menjadi dasar pemeringkatan SIR untuk mengetahui kinerja positif Religious Studies di UIN Bandung, yaitu: penelitian (50 persen), inovasi (30 persen), dan dampak sosial (20 persen).

Baca Juga: Ditemukan 25 Orang Terpapar Covid-19 di Bandung, Ema Sumarna Imbau Perketat Prokes

“Untuk faktor penelitian, diukur 11 indikator, antara lain normalized impact, excellence with leadership, dan scientific leadership,” ujar Rektor UIN Bandung Prof Rosihon Anwar dalam keterangan tertulisnya, Senin 11 Desember 2023.

Selanjutnya pada sektor inovasi, imbuh Rosihon, ada tiga indikator yang dilihat SIR yaitu innovative knowledge, patents, dan technological impact. Kemudian pada aspek dampak sosial juga memperhatikan tiga indikator yaitu altmetrics, inbound links, dan web size.

“Menurut catatan scimagoir.com tahun 2023, UIN Bandung berada di urutan 1 terbaik di PTKN dan ke-16 terbaik di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Indonesia. Scimago juga mencatat bahwa untuk Religious Study, UIN Bandung tidak saja terbaik di PTKN, tetapi juga terbaik di PTN Indonesia.

Dia menambahkan, untuk kajian Art and Humanity, UIN Bandung terbaik di kalangan PTKN dan ke-3 di PTN Indonesia. Dan ini menjadi prestasi UIN Bandung selama empat tahun berturut-turut versi perangkingan SIR.

Baca Juga: Kaget Didatangi Mendag Zulhas, UMKM Ini Ceritakan Kisahnya Sukses Ekspor

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah