Cuaca Panas di Bandung Masuk Kategori Ekstrem, BMKG Imbau Masyarakat Lakukan ini

- 10 Oktober 2023, 10:40 WIB
Ilustrasi cuaca panas.
Ilustrasi cuaca panas. /ilustrasi/prfmnews.id

PRFMNEWS - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Bandung menyatakan cuaca panas terik di Kota Kembang pada awal bulan Oktober 2023 ini sudah masuk kategori ekstrem.

Alasan cuaca panas di Kota Bandung sudah tergolong ekstrem karena terakhir pada Minggu 8 Oktober 2023, suhu sudah mencapai 35,6 derajat Celsius. Hal ini diutarakan oleh Prakirawan Cuaca BMKG Bandung Yan Firdaus.

"Ini sudah masuk esktrem karena sudah lewat tiga derajat. Sampai kapan? Ini tentu tergantung pada musim kemarau yang terjadi sekarang," kata Yan, Senin 9 Oktober 2023.

Baca Juga: BRIN Wanti-wanti Panas Terik 43 Derajat Celcius Diprediksi Terjadi di Wilayah ini Pada Pertengahan Oktober

Menurut Yan, suhu udara Kota Bandung hingga 35,6 derajat Celsius itu lebih tinggi tiga derajat Celcius dari suhu akhir September 2023 yang berkisar pada angka 30,3 derajat Celsius.

“Berdasarkan data kami, suhu di wilayah Kota Bandung dalam sepekan terakhir mengalami peningkatan. Di mulai dari tanggal 2 Oktober tercatat 33,1 derajat hingga 8 Oktober 2023 yang mencapai 35,6 derajat Celcius,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu menjelaskan definisi suhu udara ekstrem adalah kondisi suhu udara yang mencapai tiga derajat Celcius atau lebih di atas nilai normal setempat.

Baca Juga: BMKG Ungkap Penyebab Bandung Terasa Lebih Panas Saat Siang Hari

“Dengan demikian suhu maksimum ekstrem pada bulan Oktober sudah terjadi pada tanggal 1, 3, 6, 7, dan 8 Oktober 2023. Hingga hari ini belum terjadi lagi suhu maksimum ekstrem di Kota Bandung,” terang Teguh.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x