Tegas! Warga Bandung Nekat Buang Sampah ke Sungai Bakal Ditegur Tim Patroli Gabungan

- 8 September 2023, 13:30 WIB
Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna (tengah) saat memimpin rapat penanggulangan masalah sampah./
Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna (tengah) saat memimpin rapat penanggulangan masalah sampah./ /bandung.go.id/

PRFMNEWS – Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna secara tegas meminta warga untuk tidak membakar dan membuang sampah di sembarang tempat termasuk ke sungai. Untuk mencegah hal itu, ia menginstruksikan perlu adanya tim patroli khusus.

Ema Sumarna menilai, aksi buang sampah ke sungai ini dampak dari belum optimalnya operasional TPA Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat sehingga memicu timbunan sampah di beberapa lokasi di Kota Bandung.

Kendati begitu, Ema Sumarna tak membenarkan sampah dibakar atau dibuang ke sungai untuk menghilangkan timbunan sampah. Sebab hal itu bukannya menyelesaikan masalah namun justru akan memunculkan dampak buruk baru.

Baca Juga: JPO di Jalan Dago Dibongkar Pemkot Bandung Malam Ini

"Sekarang sudah mulai ekstrem. Masyarakat mulai membakar dan membuang sampah ke sungai," aku Ema saat memimpin Rapat Pleno Satgas Penanganan Darurat Sampah Kota Bandung di Balai Kota, Kamis 7 September 2023.

Terkait pembentukan tim patroli gabungan, Ema menuturkan, personelnya terdiri atas aparat kewilayahan bersama Satpol PP dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Kota Bandung

Tugas tim patroli gabungan ini, ujar Ema, adalah berkeliling Kota Bandung untuk melakukan pengawasan sekaligus edukasi terhadap masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan termasuk ke sungai.

"Lakukan edukasi dan pengawasan untuk menegur warga yang buang sampah ke sungai dan bakar sampah," jelas dia.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x