Pakai Teknologi Face Recognition, CCTV di Bandung Kini Makin Mudah Lacak Wajah Pelaku Kriminal

- 14 Juli 2023, 18:45 WIB
Kamera CCTV di Kota Bandung menerapkan teknologi analitis berupa face recognition atau pengenalan wajah dan penghitungan kendaraan (vehicle counting)
Kamera CCTV di Kota Bandung menerapkan teknologi analitis berupa face recognition atau pengenalan wajah dan penghitungan kendaraan (vehicle counting) /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS - Pemkot Bandung mulai menerapkan teknologi analitis berupa face recognition atau pengenalan wajah di sejumlah kamera CCTV yang tersebar di berbagai titik lokasi.

Selain menggunakan face recognition, sejumlah kamera CCTV di Kota Bandung juga telah dilengkapi teknologi penghitungan kendaraan (vehicle counting).

Kepala Bidang Infrastruktur Teknologi Informasi Diskominfo Kota Bandung Mahyudin mengatakan, pembaruan CCTV dengan dilengkapi face recognition berguna untuk semakin memudahkan pelacakan pelaku kejahatan.

Baca Juga: Starting Line Up Persib Bandung Lawan Dewa United Malam Ini

Mahyudin menyebut pula teknologi face recognition yang diterapkan pada CCTV akan merekam lebih jelas wajah seseorang sehingga semakin mempermudah melacak pelaku kejahatan termasuk mencegah terorisme di Kota Bandung.

"Dengan CCTV ini kita dapat minimalisir serta dapat memudahkan penyelidikan untuk meminimalisir terjadinya tindak teror," ujar Mahyudin, Jumat 14 Juli 2023.

"Data tersebut bisa direkam dan disimpan di database nantinya," imbuhnya.

Baca Juga: Pertamina Pastikan Penggantian Harta Benda Terdampak Insiden Plumpang Terus Berjalan

Menurut Mahyudin, fitur analitis pengenal wajah dan penghitungan kendaraan tersebut bisa diterapkan di seluruh kamera CCTV Kota Bandung sesuai dengan kebutuhan ke depan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah