Atasi Banjir Pasirkoja, Pemkot Bandung Bangun Rumah Pompa hingga Bongkar Bangunan Liar di Sungai Cilimus

- 12 Juli 2023, 07:00 WIB
Jalan Terusan Pasir Koja Kota Bandung.
Jalan Terusan Pasir Koja Kota Bandung. /Diskominfo Kota Bandung/

PRFMNEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berupaya mengatasi banjir di beberapa titik di Kota Bandung termasuk di kawasan Pasirkoja, Kecamatan Babakan Ciparay.

Berbagai upaya untuk mengatasi banjir di kawasan Pasir Koja ini diungkap Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna saat monitoring lokasi potensi banjir di Jalan Terusan Pasirkoja, Selasa 11 Juli 2023.

Ema Sumarna mengatakan, saat ini Pemkot Bandung tengah membangun rumah pompa untuk mengurangi 60 persen dampak banjir di daerah Pasirkoja.

Baca Juga: Banjir di Citarip Kota Bandung jadi 'Kolam Renang' Dadakan Bagi Anak-anak

Rumah pompa untuk menekan potensi banjir di Pasirkoja ini, kata Ema Sumarna, rencananya akan selesai pada akhir Juli 2023.

"Sekarang sudah selesai lelang sehingga tinggal menunggu klarifikasi, kalau itu sudah clear perhitungan saya minggu ke-4 di bulan Juli pembuatan rumah pompa itu akan selesai. Perhitungannya 60 persen nanti air itu masuk ke Sungai Cilimus," ujar Ema Sumarna.

Selain rumah pompa, untuk mengatasi banjir Pasirkoja, Ema menyampaikan sudah meminta kecamatan dan kelurahan untuk menormalisasi Sungai Cilimus dengan mengeruk sedimentasi sungai.

Baca Juga: Rumah Pompa Diyakini Pemkot Bandung Bisa Mengatasi Banjir di Leuwipanjang

"Pak Camat, Pak Lurah ya dengan dukungan Gobernya itu harus dilakukan normalisasi karena Cilimus sedimentasinya masih harus ditangani," ujarnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x