Demi Mencapai ODF 100 Persen, Pemkot Bandung Masifkan Septik Tank Komunal

- 4 November 2022, 08:45 WIB
Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyatakan Pemkot perbanyak septic tank komunal demi kejar ODF 100 persen.
Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyatakan Pemkot perbanyak septic tank komunal demi kejar ODF 100 persen. /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS - Pemerintah kota (Pemkot) Bandung memasifkan program septik tank komunal di pemukiman padat penduduk guna mempercepat Open Defecation Free (ODF) mencapai 100 persen di 151 kelurahan.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, bahwa septic tank komunal ini menjadi solusi untuk masyarakat di kawasan padat penduduk.

Masyarakat pun mengeluhkan lahan sempit jika harus dibangun septic tank, sehingga kotoran masih dibuang langsung ke aliran sungai.

Baca Juga: Dukung STBM, Pemkot Bandung Masifkan Bangun Septic Tank Komunal agar ODF 100 Persen Segera Tercapai

"Kita dorong septic tank komunal untuk diadakan di tempat-tempat padat penduduk. Dan itu sudah cukup banyak titik komunal yang kita bangun," ucap Yana dikutip prfmnews.id dari laman bandung.go.id pada Jumat, 4 November 2022.

Yana mengatakan, ada pemahaman yang salah dari masyarakat. Karena beranggapan bahwa pembangunan septic tank komunal membuat lahan di atasnya tidak bisa digunakan.

"Padahal bisa, dan tidak bau kok. Sehingga meski dengan keterbatasan lahan, kita masih bisa terus bangun septic tank komunal di kawasan padat penduduk," jelasnya.

Baca Juga: Pemerintah Kota Bandung Perbanyak Septic Tank Komunal Demi Percepat Program ODF 100 Persen

Ia menjelaskan, jika septik tank komunal merupakan septik tank yang digunakan oleh beberapa hunian dalam satu lingkungan.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x