Dukung STBM, Pemkot Bandung Masifkan Bangun Septic Tank Komunal agar ODF 100 Persen Segera Tercapai

- 3 November 2022, 20:00 WIB
Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyatakan Pemkot perbanyak septic tank komunal demi kejar ODF 100 persen.
Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyatakan Pemkot perbanyak septic tank komunal demi kejar ODF 100 persen. /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berupaya untuk mempercepat program ODF (Open Defecation Free) 100 persen di 151 kelurahan. Sampai saat ini, sudah tercapai 93 kelurahan telah ODF atau 61 persen.

Salah satu upaya yang dimasifkan Pemkot Bandung untuk mencapai 100 persen ODF atau kebiasaan BAB tidak di toilet ini yakni dengan membangun septic tank komunal di sejumlah lokasi padat penduduk.

Upaya penyediaan septic tank komunal untuk mengatasi perilaku ODF di Kota Bandung ini juga sebagai langkah Pemkot untuk meningkatkan kesadaran warga menerapkan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Baca Juga: Senangnya, Yana Mulyana Beri Hadiah 1 Ruang Publik Baru di Antapani untuk Warga Bandung

STBM merupakan pendekatan untuk mengubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.

"Kita dorong septic tank komunal untuk diadakan di tempat-tempat padat penduduk. Dan itu sudah cukup banyak titik komunal yang kita bangun," kata Wali Kota Bandung Yana Mulyana, 3 November 2022.

Yana Mulyana mencontohkan, seperti kawasan padat penduduk di bantaran Sungai Cikapundung, belakang Cihampelas.

Baca Juga: SEDANG BERLANGSUNG Streaming Gratis Preman Pensiun 7 Malam Hari Ini, Otang Dikeroyok Habis-habisan

Masyarakat mengeluhkan lahan sempit jika harus dibangun septic tank. Sehingga pembuangan kotoran masih langsung ke aliran sungai.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x